BMKG Prediksi Kemarau Terjadi di Beberapa Wilayah di Indonesia Mulai April -->

Adsense




BMKG Prediksi Kemarau Terjadi di Beberapa Wilayah di Indonesia Mulai April

87 Online News
Sabtu, 27 Maret 2021

JAKARTA - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan memasuki awal kemaru di beberapa wilayah Indonesia mulai awal April 2021.

Menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan kemarau ini masuk ke Indonesia terjadi secara bertahap.

"Musim kemarau akan dimulai secara bertahap mulai April hingga Juli nanti," ujar Dwikorita Karnawati dikutip dari Antara, Kamis (25/3/2021).

Kemarau diprediksi akan mulai terjadi pada April 2021 yaitu untuk wilayah Nusa Tenggara dan Bali, lalu wilayah Jawa, kemudian sebagian wilayah Kalimantan dan Sulawesi pada Mei hingga Juni 2021.

Dari total 342 Zona Musim (Zom) di Indonesia, sebanyak 22,8 persen diprediksi akan mengawali musim kemarau pada bulan April 2021, yaitu beberapa zona musim di Nusa Tenggara, Bali, dan sebagian Jawa.

Kemudian sebanyak 30,4 persen wilayah akan memasuki Musim Kemarau pada bulan Mei 2021, meliputi sebagian Nusa Tenggara, sebagian Bali, Jawa, Sumatera, sebagian Sulawesi, dan sebagian Papua.

Sementara itu, sebanyak 27,5 persen wilayah akan memasuki Musim Kemarau pada bulan Juni 2021, meliputi sebagian Sumatera, Jawa, sebagian Kalimantan, sebagian Sulawesi, sebagian kecil Maluku, dan Papua. (RED)