BNPB dan Pemkot Bogor Resmikan Rumah Sakit Lapangan Covid-19 -->

Adsense




BNPB dan Pemkot Bogor Resmikan Rumah Sakit Lapangan Covid-19

87 Online News
Senin, 18 Januari 2021

KOTA BOGOR - Rumah Sakit Lapangan (RSL) Covid-19 Kota Bogor resmi beroperasi hari ini, Senin (18/1/2021), usai diresmikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diwakili Kepala Pusdiklat PB BNPB, Berton Panjaitan dan Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Peresmian dilaksanakan di Halaman Parkir RSL Covid-19 Kota Bogor, yang sebelumnya adalah Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor di Jalan Kesehatan, Tanah Sareal, Kota Bogor. 

"Jika ditanya seberapa darurat, sangat darurat. Saya harus katakan hal itu kepada warga Kota Bogor. Dan hari ini adalah ikhtiar kita untuk semaksimal mungkin dalam upaya menyelamatkan sebanyak mungkin nyawa manusia di Kota Bogor," ungkap Wali Kota Bogor, Bima Arya dalam sambutannya.

Dengan beroperasinya Rumah Sakit Lapangan Covid-19 Kota Bogor yang dilengkapi Sumber Daya Manusia (SDM), tempat tidur dan alat kesehatan mutlak diperlukan, mengingat Bed Occupancy Rate (BOR) di Kota Bogor berdasarkan data dan fakta, masih sangat jauh diatas normal. 

Dirinya meyakini RSUD dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor telah berupaya semaksimal mungkin dalam menangani kasus Covid-19 di Kota Bogor. 

"Apresiasi saya untuk RSUD dan Dinkes Kota Bogor yang bergerak dengan sangat cepat, dalam jangka waktu dua minggu menuntaskannya. Selain itu juga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang telah merespon permintaan kami," katanya didampingi Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim dan jajaran Forkopimda Kota Bogor. 

Kepada pengelola Rumah Sakit Lapangan Covid-19 Kota Bogor, ia menitipkan dan menekankan protokol kesehatan termasuk perlindungan terhadap tenaga kesehatan menjadi prioritas utama. Hal lainnya adalah sosialisasi sistem yang ada di Rumah Sakit Lapangan Covid-19 Kota Bogor. 

Bima Arya menjelaskan, Rumah Sakit Lapangan Covid-19 Kota Bogor diperuntukkan bagi pasien terkonfirmasi positif dengan gejala ringan dan yang memiliki komorbid (penyakit penyerta). 

Terkait kapasitas, ia menambahkan, komposisi Rumah Sakit Lapangan Covid-19 Kota Bogor, 70 persen diperuntukkan bagi pasien Covid-19 asal Kota Bogor dan sisanya bagi yang sangat membutuhkan. (Red)