Manfaatkan Limbah Kardus, Pengurus Komunitas Bikers FKPPI Bogor Membuat Guci Bernilai Fantastis -->

Adsense




Manfaatkan Limbah Kardus, Pengurus Komunitas Bikers FKPPI Bogor Membuat Guci Bernilai Fantastis

87 Online News
Selasa, 08 September 2020

KOTA BOGOR - Pandemi covid-19 yang sudah berjalan sejak beberapa bulan yang lalu, tentunya banyak berdampak disemua aspek, tak terkecuali dari segi ekonomi yang semakin dirasa sulit bagi masyarakat.

Namun, hal tetsebut tidak menyurutkan semangat Djoko Suratno untuk terus berkarya. Berkat ide kreatifnya, dengan memanfaatkan limbah kardus dan lem perekat dari nasi, dirinya bisa menyulap menjadi sebuah guci yang memiliki nilai seni tinggi dan nilai jual yang fantastis, yakni mulai ratusan ribu hingga mencapai jutaan rupiah.

"Ide dan awal mulanya bisa membuat Guci yang berbahan dari limbah kardus dengan perekatnya menggunakan nasi ini sejak tahun 2009, sewaktu saya masih domisili di Kota Malang, Jawa Timur. Nilai jual yang bisa peroleh dari penjualannya ini, mulai kisaran 250 ribu sampai dengan 7.5 juta tergantung dari berbagai ukuran tinggi dan diameternya," tutur Djoko salah satu pengurus Bikers FKPPI Bogor, Selasa (08/09/20).

Pria yang saat ini berdomisili di Jalan Kolonel Enjo Martadisastra Rt 002 Rw 012 Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal itu mengaku, pada tahun 2009 pertama kali membuat Guci dengan karakter Naga yang melilit hingga 50 jenis dengan berbagai model dan karakter.

"Tidak hanya guci, saya juga membuat asbak, aksesoris atau gantungan lampu hias, figura untuk photo dan termasuk," paparnya.

Meski dengan proses serba manual dalam pembuatan berbagai kerajinan tersebut, tetapi tidak menyurutkan semangatnya untuk bisa berkarya sekaligus menghasilkan.

"Untuk proses awal dimulai dari penghancuran limbah kardus, kemudian proses penjemuran dan pemerasan sampai hancur, baru bisa dibentuk sesuai keinginan dengan tambahan nasi sebagai penguatnya. Produk ini bisa bertahan lebih dari 5 tahun kekuatannya," ungkap Djoko.

Menurutnya, untuk proses pembuatan sebuah guci dengan tinggi 1 Meter dan diameter 15 Cm bisa memakan waktu 1 minggu sampai 10 hari. Ia berharap, hasil dari kreatifitasnya itu bisa memotivasi dan menularkan kepada masyarakat, terutama yang ada di Komunitas Bikers FKPPI Bogor.

"Saat ini, saya sedang membuat dua buah guci, dan sudah hampir jadi. Untuk selanjutnya, guci ini akan diberikan dan diserahkan kepada Pengurus Daerah (PD X) KB FKPPI Jawa Barat, sebagai hadiah HUT FKPPI Ke 42 yang akan dilaksanakan di Pelabuhan Ratu, Sukabumi pada tanggal 19 September 2020 mendatang," pungkasnya.(D2N)