Kota Bogor Kembali Zona Orange, Dedie A Rachim : Kita Harus Mampu Menurunkan Terus Tingkat Resiko Secara Maksimal -->

Adsense




Kota Bogor Kembali Zona Orange, Dedie A Rachim : Kita Harus Mampu Menurunkan Terus Tingkat Resiko Secara Maksimal

87 Online News
Senin, 07 September 2020

KOTA BOGOR - Akhirnya, warga Kota Bogor bisa gembira dan tersenyum, pasca sembilan hari Kota Hujan ini menyandang status zona merah Covid-19, dan kini kembali berstatus zona orange atau wilayah dengan risiko sedang penularan Covid-19.

"Alhamdulillah, Kota Bogor statusnya jadi Zona Orange meski ada pergerakan ke arah yang lebih baik, kita harus mampu menurunkan terus tingkat resiko penularan covid-19 secara maksimal," ungkap Wakil Walikota Bogor, Dedie A Rachim kepada wartawan melalui WhatsApp messengger, Senin ( 07/09/20 ).

Lebih lanjut, Ketua Gugus Tugas penanganan Covid-19 itu menjelaskan tetkait Pembatasan Sosial Berskala Mikro dan Komunitas (PSBMK) akan diteruskan atau dicabut masih menunggu evaluasi menyeluruh pada tanggal 10 mendatang. 

"Tentu tidak boleh gegabah, karena prediksi para ahli epidemiology, puncak pandemi baru akan terjadi tahun 2021," ungkapnya.

Menurutnya, penetapan status Kota Bogor sebagai zona orange Covid-19 itu setelah memenuhi sedikitnya 11 indikator, diantaranya tingkat kesembuhan dan okupansi ranjang di rumah sakit rujukan, serta angka reproduksi kasus virus Covid-19. Baik reproduksi awal (R0), maupun reproduksi efektif (Rt).

"Walaupun demikian menurut Dedie, Pemkot juga warga Kota Bogor harus bersama-sama untuk terus menurunkan resiko Covid-19 secara maksimal dalam penanganannya. Meski ada pergerakan ke arah yang lebih baik, kita harus mampu menurunkan terus tingkat risiko secara maksimal. Untuk Pembatasan Sosial Berskala Mikro dan Komunitas (PSBMK) masih tetap diberlakukan hingga 11 September 2020 mendatang," tutur Dedie A Rachim.

Meskipun penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Bogor masih terus ada, dirinya mengakui ada penurunan angkanya. Seperti Data dari Dinas Kesehatan Kota Bogor, pada Minggu (6/9/2020) jumlah tambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Bogor hanya 12 kasus.

"Terkait penambahan kasus baru ada 12 kasus, sedangkan Meninggal 33 kasus, selesai isolasi atau sembuh 449 kasus dan yang masih sakit ada 252 kasus," pungkas Dedie.( D2N )