Bangkitkan Kesadaran Masayarakat, KRL Hayang Bersih 2 Adakan Berbagai Kegiatan Pengolahan Sampah -->

Adsense




Bangkitkan Kesadaran Masayarakat, KRL Hayang Bersih 2 Adakan Berbagai Kegiatan Pengolahan Sampah

87 Online News
Minggu, 20 September 2020

KAB. BOGOR - Berbagai dampak buruk akibat kerusakan lingkungan hidup di sekitar kita telah menjadi sebuah hal yang sangat mengkhawatirkan. Kehidupan kita semakin banyak disinggahi oleh berbagai musibah, seperti banjir, longsor, atau bahkan gunungan tumpukkan sampah yang semakin mudah ditemukan.

Guna membangun kesadaran masyarakat terhadap kebersihan dan menumbuhkan sikap peduli lingkungan Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Hayang Bersih 2 yang berlokasi di Kampung Panggulaan RT 04/02, Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, melakukan berbagai pelatihan pengolahan sampah.

Benedahara KRL Hayang Bersih 2, Dede Hendra mengatakan, pelatihan tersebut diantaranya, membuat pas bunga dari limbah pempers dan pelatihan pembuatan kompos hingga vaving block dari sampah plastik yang mampu menciptakan nilai ekonomi.

"Selain bisa meminimalisir samapah di wilayah pelatihan tersebut juga memiliki manfaat yang berdapak kepada perekonomian di masyarakat," kata Dede Hendra, didampingi Ketua RT 04/02, Agus Setiawan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua KRL Hayang Bersih 2, saat ditemui Wartawan, Minggu (20/9/2020).

Dede mengakui, sebelumnya sebagian masayarkat setempat sering membuang sampah sembarangan, namun setelah adanya KRL, sedikit demi sedikit kepedulian dan kesadaran mastarakat mulai terbangun dan tidak lagi membuang sampah sembarangan.

"Sampai saat ini, tingkat kesadaran masyarakat dalam mengelola dan membuang sampah pada tempatnya sudah lumayan baik, meskipun belum semuanya mampu untuk menerapkan di kehidupan sehari-hari. Hal ini tentu menjadi sebuah bukti nyata bahwa kita semakin hari semakin memiliki kesadaran lingkungan yang baik, terutama di dalam diri kita," ungkap Dede Hendra, yang juga menjabat Ketua RT 01.

Ia mengimbau kepada warganya, agar semakin peduli kebersihan lingkungan sekitar, sehingga tidak lagi membuang sampah di sembarang tempat yang akan berdampak buruk seperti pencemaran lingkungan sehingga menimbulkan berbagai penyakit.

"Dengan adanya KRL ini, kita pilah limbah atau sampah dari warga. Yang bisa didaur ulang, kita daur ulang, sedangkan untuk sampah organik kita manfaatkan untuk membuat pupuk kompos untuk berbagai tanaman," jelasnya.

Demi kelancaran kegiatan tersebut, pihaknya mengharapkan dukungan yang maksimal dari semua pihak, baik masyarakat setempat, pemerintah desa maupun pemerintah Kabupaten Bogor melalui dinas tetkait.

"Untuk kelancaran kegiatan KRL ini, kami berharap kepada Pemerintah baik Pemerintah desa maupun Kabupaten Bogor untuk membantu memfasilitasi kebutuhan kami," pungkasnya.