Peringati HUT RI Ke 75, Kemenkes Menggelar Kegiatan Donor Darah -->

Adsense




Peringati HUT RI Ke 75, Kemenkes Menggelar Kegiatan Donor Darah

87 Online News
Selasa, 18 Agustus 2020

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75, Kementerian Kesehatan menggelar kegiatan donor darah bertajuk "Darah Aman dan Sehat Untuk Indonesia Maju" yang diselenggarakan di Auditorium Siwabessy, Gedung Sujudi, Selasa (18/8).

Acara dibuka oleh Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putrato dan dihadiri oleh pejabat tinggi madya dan pratama, Wakil Ketua Bidang 2 Oase sekaligus Ketua DWP Kemenkes, serta para calon pendonor.

Menkes Terawan mengatakan kegiatan baik tersebut merupakan upaya Kementerian Kesehatan untuk mendukung pemenuhan ketersediaan darah, terutama dimasa pandemi COVID-19, yang mana sekarang ini membuat cadangan atau jumlah darah yang tersedia cenderung menurun, sedangkan kebutuhan darah di masyarakat cenderung meningkat.

"Kegiatan donor darah ditengah pandemi COVID-19 merupakan kegiatan yang sangat mulia dan luhur, penuh tantangan untuk itu kuncinya ada di protokol kesehatan dan di persiapan baik untuk pendonor maupun petugasnya," kata Menkes.

Sebelum menjadi calon pendonor, para peserta harus melalui tahapan skrining di aplikasi sehat pedia guna mengetahui perkembangan kesehatan mereka sehingga proses donor dapat berlangsung dengan aman dan sehat.

"Momen donor darah di hari kemerdekaan ini merupakan moment yang tepat untuk memotivasi masyarakat agar tidak perlu khawatir dan ragu untuk mendonorkan darahnya dimasa pandemi karena protokolnya sudah disiapkan oleh Kemenkes untuk menjamin bahwa kegiatan bisa berlangsung dengan baik dan aman," terang Menkes.

Apresiasi juga disampaikan Menkes untuk seluruh pegawai Kementerian Kesehatan yang telah bersedia berpartisipasi dalam kegiatan donor darah tersebut.

Ia berharap kegiatan tersebut bisa diteruskan dan menjadi contoh bagi masyarakat untuk menjadikan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup yang sehat serta menjadi momentum penting untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

"Sebagai bentuk apresiasi saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pegawai Kementerian Kesehatan atas kesediaannya mendonorkan darah ditengah pandemi COVID-19. Bapak dan Ibu sekalian yang mendonorkan adalah pahlawan kemanusiaan," tuturnya.

Untuk diketahui, kegiatan donor darah terselenggara atas kerjasama Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer, Oase Kabinet Indonesia Maju serta Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Kesehatan dengan menargetkan sebanyak 300 pendonor.

Sebagai wujud apresiasi, nantinya Kemenkes akan memberikan sertifikat kepada para pendonor. Mengingat donor darah kali ini merupakan yang pertama diselenggarakan di masa pandemi COVID-19. (IB)


Sumber : Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes RI