Modus Ganjal ATM Dengan Korek Api, Warga Bogor Hilang Uangnya 115 Juta -->

Adsense




Modus Ganjal ATM Dengan Korek Api, Warga Bogor Hilang Uangnya 115 Juta

87 Online News
Senin, 10 Agustus 2020

KOTA BOGOR - Polesta Bogor Kota, melalui jajaran Sat Reskrim berhasil mengungkap beberapa kasus kejahatan, salah satunya pembobol rekening bank bermodus ganjal ATM di wilayah hukum Polresta Bogor Kota.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Hendri Fiuser menuturkan, Polresta Bogor Kota berhasil menangkap 3 dari 6 pelaku bobol rekening bank dengan modus ganjal kartu ATM dengan korek api pada 13 Juli 2020 lalu. Pelaku beraksi di mesin ATM SPBU Bogor Barat, dan berhasil menggasak tabungan nasabah sebesar Rp115 juta. 

"Tiga pelaku yang diamankan yakni UN alias Untung (36), HY alias Bondet (40), dan KA alias Darmawai (38). Sedangkan tiga pelaku lainnya masih dalam pengejaran," ungkap Hendri Fiuser dalam Konferensi Pers di MakoPolresta Bogor Kota Jl.Kapten Muslihat, Senin (10/08/20).

Hendri menjelaskan pelaku menjalankan aksinya dengan mengganjal mesin ATM dengan batang korek api agar kartu ATM tidak keluar, sehingga pelaku mempengaruhi korban seolah kartu tertelan, kemudian pelaku lainnya masuk untuk melihat korban menekan tombol PIN.

Setelah diketahui nomer PIN pelaku lalu menguras isi tabungan korban yang bahkan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

"Pelaku melakukan modusnya dengan mengganjal Kartu ATM korban dengan batang korek api, kemudian mengelabui korban hingga terperdaya untuk menguras uang dalam rekeningnya," jelasnya.


Hendri menambahkan, berdasarkan pengakuan para tersangka pelaku baru kali ini melakukan kejahatan di Kota Bogor, namun beberapa kali melakukan kejahatan di luarBogor seperti Jakarta dan Bandung. 

"Dari hasil kejahatan itu, kami mengamankan sejumlah barang bukti yakni satu unit mobil, satu buah ponsel, batang korek api, dan beberapa kartu ATM berbagai bank. Pelaku dijerat dengan Pasal 363 dan 378 tentang Pencurian dan Penipuan dengan ancaman minimal lima tahun penjara," pungkas Hendri Kapolresta Bogor Kota.( D2N )