Latest News

Kamis, 09 Juli 2020

Kurun Waktu 1 Bulan, Sat Narkoba Polresta Bogor Kota Ringkus 24 Pelaku Narkoba

KOTA BOGOR - Satuan Reserse Narkoba Polresta Bogor Kota menangkap 24 pelaku tersangka narkoba. Penangkapan dilakukan selama periode Juni tahun 2020.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Hendri Fiuser mangatakan 24 tersangka ini merupakan pengembangan kasus terhadap 19 perkara.
"Pengungkapan selama satu bulan, kami berhasil mengungkap 19 perkara dengan jumlah 24 tersangka," kata Hedri Fiuser, kepada wartawan saat Konferensi Pers di Mako Polresta Bogor Kota, Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor, Kamis (09/07/2020).
Hendri memaparkan, terdapat tiga jenis narkoba yang sejauh ini masih beredar di Kota Bogor diantaranya, ganja, sabu dan tembakau sintesis jenis gorilla.
"Untuk narkoba jenis sabu yang berhasil diamankan seberat 66 gram, narkoba jenis ganja 2052 gram dan tembakau sintesis jenis gorilla sebanyak 90 gram," paparnya.

Ia mengatakan, untuk menanggulangi narkoba dibutuhkan kerjasama dari semua elemen masyarakat. "Karena saat ini narkoba sudah menyasar ke semua kalangan mulai dari yang muda, remaja dan orang dewasa," imbuhnya.
Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka harus meringkuk ditahanan Polresta Bogor Kota dan dikenakan pasal 114 ayat 2, subsider pasal 112 ayat 2 dan pasal 114 ayat 1, subsider pasal 111 ayat 1 Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Dengan ancaman kurungan paling lama 20 tahun dan denda maksimal Rp1 miliar.
Dalam kesempatan yang sama, Kasat Narkoba Polresta Bogor Kota, Kompol Indra Sani mengatakan, bahwa beberapa narkotika tersebut dipasarkan melalui cara baru yaitu dengan sistem online diantaranya adalah Narkoba sinte atau gorila.

"Tidak hanya memasarkan melalui media sosial, para pengedar juga memanfaatkan jasa pengiriman barang untuk mengirim barang haram tersebut, meski para pembeli berhasil ditangkap, pihak kepolisian masih memburu para pengedar dan penjual Narkoba dengan menggunakan media online yang lainnya," pungkas Indra. (D2N)