Idul Adha Saat Pandemi Covid-19, Lorin Sentul Hotel Terapkan Protokol Kesehatan -->

Adsense




Idul Adha Saat Pandemi Covid-19, Lorin Sentul Hotel Terapkan Protokol Kesehatan

87 Online News
Jumat, 31 Juli 2020

BOGOR - Perayaan Hari Raya Iedul Adha tahun 2020 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pandemi virus corona disease (Covid-19) masih menerpa. Namun hal tersebut tidak menyurutkan pihak Management Lorin Sentul Hotel untuk melaksanakan Shalat Iedul Adha bersama tamu hotel dan masyarakat sekitar, Jumat (31/7/2020).

Selain jamaah dari staf dan karyawan hotel serta warga setempat, shalat Iedul Adha yang dipimpin oleh KH. D Ridwan Z tersebut juga diikuti oleh H. Tinton Soeprapto selaku komisaris utama Lorin Sentul Hotel bersama istrinya, Dewi Anggraeni berserta keluarga.

H.Tinton Soeprapto mengaku bersyukur di momen Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah yang jatuh pada 31 Juli 2020 ini, masih bisa melaksanakan shalat Iedul Adha besama staf dan karyawan, tamu hotel serta warga sekitar.

"Saya sangat bersyukur, meskipun di tengah wabah pandemi covid-19 masih bisa melaksanakan sholat bersama walaupun ada yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya," ungkapnya, saat ditemui Wartawan usai melaksanakan sholat Ied.
Ia menegaskan, shalat Iedul Adha yang dilaksanakan di area parkir depan gedung Lorin Sentul Hotel itu menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah guna menghindari penyebaran covid-19, seperti menyiapkan petugas pengawasan untuk memeriksa suhu tubuh jemaah di pintu masuk area shalat serta menyediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer.

"Kita laksanakan sesuai protokol kesehatan, seperti menyiapkan petugas pengawasan untuk memeriksa suhu tubuh jemaah di pintu masuk area shalat, menyediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer serta physical distancing (jaga jarak)," tegas H.Tinton didampingi istrinya, Dewi Anggraeni.
Usai shalat Iedul Adha, management hotel bintang 4 (empat) yang letaknya tidak jauh dari Exit Tol Sentul itu melanjutkan kegiatan pemotongan hewan qurban yang dipusatkan di Paddock Sentul International Circuit.

Pada kesempatan itu General Manager Lorin Sentul Hotel, Heri Haryosa mengatakan, meskipun dengan keterbatasan karena wabah virus corona, dirinya mengaku sangat bersyukur masih bisa berbagi dengan warga sekitar.

"Meskipun di tahun ini kita tida banyak memotong hewan qurban, sebagi masyarakat beragama muslim saya sangat bersyukur diberikan nikmat rejeki dan masih bisa berbagi dengan warga sekitar. Hal itu tidak lepas dari dukungan owner hotel, yaitu Bapak H. Tinton Soeprapto serta staf dan karyawan," tuturnya.

Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona sekaligus tetap menjamin aspek kehalalan dan kebersihan daging kurban. Hari Haryosa mengatakan, pihaknya menerapkan protokol kesehatan
Covid-19 antara lain terkait dengan sumber daya manusia (SDM), proses pemilihan hewan kurban, penyembelihan dan pengelolaan, hingga pendistribusian daging kurban.

"Semua panitia diwajibkan memperhatikan aturan yang berkaitan dengan physical distancing untuk selalu menjaga jarak, memakai alat pelindung diri (APD), seperti masker dan sarung tangan, menjaga jarak, tidak berkerumun, dan menjaga kebersihan area pemotongan hewan," ungkap Heri Haryosa.
Pada tahun ini, ada 6 ekor sapi dan 6 ekor kambing yang disembelih. Setelah disembelih dan dikemas, menurutnya, daging kurban akan langsung di distribusikan dengan metode push approach yakni secara door to door mendatangi rumah warga melalui ketua RT masing-masing.

"Warga yang diberikan daging kurban tersebut adalah warga yang telah terdata dalam data penerima. Sehingga tidak ada lagi pembagian kupon kepada masyarakat atau mengumpulkan massa saat pembagian daging kurban seperti tahun sebelumnya," pungkasnya. (IB/ET)