Pasien ODP dan PDP Bila Meninggal Dunia Pemakamanya Berdasarkan Panduan Penanganan Covid 19 Kemenkes RI -->

Adsense




Pasien ODP dan PDP Bila Meninggal Dunia Pemakamanya Berdasarkan Panduan Penanganan Covid 19 Kemenkes RI

87 Online News
Minggu, 21 Juni 2020

SULTENG - Kabupaten Tojo Una una Sulawesi Tengah, hingga kini dinyatakan masih tetap dalam situasi dan kondisi Zona Hijau. Hal itu diungkapkan juru bicara gugus tugas Covid 19 Kabupaten Tojo una una, Alpian Matajeng.

"Meskipun demikian, pasien berstatus ODP dan PDP dengan hasil Rapid test yang di nyatakan reaktif sebelum ada uji swab, namun bila meninggal dunia maka pasien tersebut akan dimakamkan secara prtokol kesehatan berdasarkan panduan penanganan Covid 19, Kementrian kesehatan Republik Indonesia," tutur Alfian.

Dikatakan Alfian, Pemerintah Daerah dan gugus tugas Covid 19 tidak memiliki kepentingan dalam pelaksanaan pemakaman protokol kesehatan. Namun, kekwatiran jika pasien yang reaktif  meninggal dan kemudian dikuburkan secara umum, lalu hasil swab positif, maka semua orang dan keluarga yang menyentuh saat meninggal hingga proses pemakaman, tentunya akan dilakukan tracking atau penelusuran sebagai upaya  tindakan pencegahan penyebaran Covid 19.

"Sebuah pilihan, untuk mengikuti tata cara pemakaman yang berdasarkan protokol kesehatan yang tentunya sudah pasti resikonya tidak ada. Saya mengimbau kepada masyarakat hal itu tidak perlu lagi disikapi yang berlebihan, apalagi digiring kepada kepentingan lain," pungkasnya. (Darma).