Dua Warga Terpapar Covid 19, Menerima Bantuan Dari Pemerintah Desa Cisarua



Dua Warga Terpapar Covid 19, Menerima Bantuan Dari Pemerintah Desa Cisarua

87 Online News
Rabu, 24 Juni 2020

Sukabumi - Pemerintah Desa Cisarua salurkan bantuan Perlengakapan sarana dan prasana bagi warga yang diduga terpapar covid 19 di RT 02/RW 12 Perumahan Nagrak Hill, Kecamatan Nagrak,Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/04).

Bantuan yang disalurkan berupa multivitamin, handwash/sabun pencuci tangan, disinfektan, masker, sembako dan uang tunai 500 ribu rupiah untuk bekal keluarga PDP selama masa dikarantina.

Bantuan disalurkan langsung oleh Pemdes Cisarua didampingi Satgas Covid 19 Desa, Babinsa, Babinkamtibmas dan unsur Dinas Kesehatan dari Puskesmas Nagrak.

Informasi yang berhasil dihimpun dari keterangan Satgas Covid 19 RW 12, dua warga perumahan nagrak hill berinisial DS (59) dan DPP (12) positif corona dari hasil rapid tes reaktif. Dan sedang menjalani isolasi mandiri di RSUD Sekarwangi Cibadak.

Warga terpapar Covid 19 berinisial DS (59) dijemput pihak RSUD Sekarwangi pada Kamis, (11/06). Berselang satu minggu kemudian Jumat malam (19/06) pukul 19:00 WIB anaknya Berinisial DPP (12) juga ikut dijemput pihak RS Sekarwangi.

Perumahan Nagrak Hill terdata sebagai wilayah terpapar virus corona di Desa Cisarua. Warga di perumahan tersebut sedang menjalani karantina wilayah.

Dalam kunjungannya Kepala Desa Cisarua Kosasih, menyampaikan prihatin yang sebesarnya besarnya kepada 2 orang warga yang saat ini sedang mengalami isolasi terapapar Covid 19. Tentunya rasa prihatin ini kita barengi dengan doa semoga mereka berdua lekas sembuh dan bisa kembali kerumah dengan kondisi yang sudah sehat,"ucapnya.

Lanjut dikatakannya, maksud dan tujuan pemerintah desa selain menyampaikan rasa simpati dan prihatin juga menyalurkan bantuan sarana dan prasana alat penanggulangan dan penanganan covid 19. Seperti Penyerahan pamplet (media informasi) dari pihak puskesmas nagrak sebagai bentuk kepedulian mensosialiasikan penanganan covid 19.

Penyerahan termometer gun, hand soap (sabun pencuci tangan), disinfektan masker dan multivitamin untuk warga Perumahan Nagrak Hill, juga penyerahan sembako kepada keluarga terpapar covid 19 yang sedang menjalani karantina.

Selain sembako Pemdes Cisarua menyerahkan uang tunai untuk kebutuhan sehari-hari selama masa karantina.
Mudah - mudahan sembako yang di berikan oleh pemerintah desa bisa mendukung kedisiplinan yang terpapar covid sehingga tidak keluar rumah, jelas Kosasih.

Kosasih menambahkan, sehubungan dengan adanya warga Perumahan Nagrak Hill di RW 12 terpapar Covid 19 dan saat ini sedang melaksanakan isolasi di RS Sekarwangi. Pada hari ini bertempat di Posko Siaga Relawan Covid RW 12 telah dilaksanakan penyerahan sarana dan prasana untuk kegiatan penanggulangan wabah covid 19 dilingkungan Perumahan Nagrak Hill kepada ketua satgas Rt/Rw Perumahan Nagrak Hill,"tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Puskesmas Nagrak yang diwakili bidang Tata Usaha (TU) Puskesmas Nagrak Dinda Ismaya, S.St, mengatakan, kita harus mendukung upaya penyembuhan pasien hilangkan stigma buruk bagi warga terpapar covid 19. Perlu diketahui mereka tidak mengaharapkan hal seperti itu. Saya salut kepada warga Perumahan Nagrak Hill yang sudah siaga dan juga membantu keluarga terpapar Covid 19 baik bantuan moril maupun materil.

Sementara ini yang dapat dilakukan pihak Puskesmas, berupaya untuk selalu memberikan penyuluhan Program Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada warga. Dan juga mensosialisasikan lima hal penting cegah covid 19 yaitu : pertama sering mencuci tangan memakai sabun. Tetap tinggal dirumah, jaga jarak dan hindari kerumunan, tidak berjabat tangan dan memakai masker.

Memakai masker adalah suatu keharusan, setiap saat kita keluar rumah atau kita berada ditempat umum itu wajib pakai masker. Kita tidak tahu lingkungan sekitar yang kita lalui ada virus yang akan mendekat, jadi memakai masker adalah upaya pencegahan pertama tertular virus corona selain mencuci tangan pakai sabun"pungkasnya. (D2)