Disdukcapil Kabupaten Bogor Jelaskan Salah Satu Fungsi KIA -->

Adsense




Disdukcapil Kabupaten Bogor Jelaskan Salah Satu Fungsi KIA

87 Online News
Rabu, 24 Juni 2020

KAB.BOGOR - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor, menyampaikan fungsi dan kegunaan dalam kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA), khususnya bagi masyarakat Bumi Tegar Beriman.

Ketua koordinator pencetakan pada Disdukcapil Kabupaten Bogor, Abdul Qodir menuturkan, manfaat dan fungsi kegunaan kartu identitas anak itu sangat banyak. Salah satu diantaranya, dengan memiliki KIA bagi anak berusia 13 tahun, setidaknya sudah beranjak di SLTP/SMP dapat memiliki tabungan pribadi.

Menurutnya, bila di sekolah, anak ingin memiliki tabungan mesti menggunakan KTP orang tua, namun dengan memiliki KIA dapat langsung memenuhi persyaratan membuat rekening tabungan.

"Jadi bisa bermanfaat buat mengurus berbagai keperluan administrasi. Disamping kartu pelajar, dia punya kartu identitas juga yang bisa disimpan dalam dompet atau saku si anak itu sendiri," jelasnya kepada wartawan, Selasa (23/6/2020).

Qodir menambahkan, ketika anak telah beranjak usia 17, maka otomatis KIA menjadi KTP. Pasalnya, nomor yang tertera dalam KIA akan tetap sama dan tidak berganti dengan yang tertera di KTP nantinya.

"Selain itu, dengan memiliki KIA setidaknya anak dapat memiliki beberapa kemudahan. Kalau dia harus ke luar negeri misalnya, mengurus paspor yang dibawah dapat kartu sehat, kartu pintar," ujarnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, untuk KIA ini sendiri telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA).

Menurutnya, untuk persyaratan KIA bagi bayi dan anak dibawah umur 5 tahun sendiri pembuatannya tidak memerlukan foto.

"Sementara untuk anak dari umur 5 sampai 16 tahun di wajibkan harus melampirkan pas foto," pungkasnya. (SN/Red)