Wow, Ada Wahana Air Ditengah Jalan Raya Kemang - Parung!!



Wow, Ada Wahana Air Ditengah Jalan Raya Kemang - Parung!!

87 Online News
Senin, 18 Mei 2020

KAB.BOGOR - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bogor dan sekitarnya pada Senin (18/5/2020) sore hari, membuat beberapa wilayah menjadi langganan banjir. Salah satunya, di Jalan Raya Kemang-Parung yang merupakan jalur transportasi darat lintas provinsi. 

Buruknya drainase di sepanjang Jalan Raya Utama penghubung Bogor - Ciputat, Tangerang - Depok ini seringkali membuat air meluap dan membanjiri jalan dengan debit yang cukup tinggi.

Dari pantauan di lapangan, saat hujan deras mengguyur, genangan air cukup tinggi terjadi di beberapa ruas Jalan Raya Kemang. Di antaranya depan SPBU Salabenda dan Jembatan Timbang, Desa Parakanjaya, Kecamatan Kemang. Genangan air mencapai ketinggian 30 sentimeter dan hampir sepanjang 200 meter ada di depan SPBU Billabong.

Selain di lokasi tersebut, banjir juga terjadi di depan Kantor Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) serta Showroom Express, Desa Kemang. Genangan air tersebut berdampak kemacetan parah dari dua arah. Bahkan, kemacetan terjadi hampir satu kilometer di dua arah berbeda yakni dari arah Bogor menuju arah Parung dan sebaliknya.


"Pemandangan seperti ini sudah sering, apalagi kalau hujan deras, genangan air mirip sungai," ujar Syamsudin salah seorang warga Kampung Pondok Udik, Desa Pondokudik, KecamatannKemang, Kabupaten Bogor kepada wartawan.

Keluhan serupa diungkapkan Mulyadi, salah satu karyawan perusahaan swasta yang melintas di jalan tersebut. "Saya aneh melihat jalan utama ini kok rutin banjir. Ke mana sih pengawasan serta perawatan petugas dan instansi terkait?," cetusnya.

Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kabupaten Bogor, kata dia, harus lebih peka terhadap perawatan fasilitas publik. Apalagi, jalan ini digunakan sebagai jalur Trans Nasional antara Provinsi Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta.

Hingga berita ini di onlinekan, pada pukul 20.50 WIB, genangan air di sepanjang Jalan Raya Kemang - Parung belum surut, beberapa kendaraan roda dua terpaksa harus di dorong akibat mogok terendam banjir. (IGON)