Publikasi Pemerintah Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor



Publikasi Pemerintah Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor

87 Online News
Rabu, 06 Mei 2020

Pemerintah Kecamatan Kemang Dukung Bupati Bogor Dalam Penanganan Wabah Covid-19 Melalui Berbagai Kegiatan

KAB.BOGOR - Bupati Bogor, Ade Yasin telah mengeluarkan intruksi tentang peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penularan infeksi corona virus. Instruksi ditandatangani langsung oleh Bupati dan ditunjukkan kepada seluruh Orginsasi Perangkat Daerah, Petugas kesehatan, Lurah dan Kepala Desa dan seluruh pemangku kepentingan se-Kabupaten Bogor.

Dalam instruksi ini, Bupati yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Bogor, meminta kepada seluruh perangkat Pemerintah Daerah untuk mendukung gerakan mencegah penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten Bogor. Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan kegiatan sosialisasi secara rutin kepada masyarakat dan anggota komunitas masing-masing.


"Mendukung dan melaksanakan kegiatan sosialisasi, meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan serta melakukan pengedalian resiko penularan infeksi corona virus di wilayah Kabupaten Bogor," demikian instruksi Bupati.

Dalam mendukung upaya kewaspadaan dan kesiapsiagaan serta melakukan pengedalian resiko di atas, Pemerintah Kecamatan Kemang yang dipimpin oleh Plt Camat, Ria Marlisa A, SSTP,M,Si. mendorong beberapa langkah untuk merealisasikan program tersebut. Beberapa point diantaranya:

1. Gencar melakukan sosialisasi baik secara langsung maupun tidak langsung melalui semua kanal media kepada masyarakat terkait tentang cara penularan dan pencegahan virus corona.

2. Meningkatkan pemantauan di wilayah kerjanya untuk melakukan deteksi dini virus corona dan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak diantaranya petugas kesehatan, unsur TNI/Polri dan Satpol PP serta tokoh masyarakat di seluruh wilayah Kecamatan Kemang.


3. Melakukan penyemprotan cairan disinfektan di pemukiman warga serta berbagai fasilitas umum yang meliputi tempat ibadah, fasilitas kesehatan, kantor, jalan, pemukiman dan fasilitas umum lainya, juga membagikan masker kepada masyarakat diwilayah kecamatan kemang dan para pengguna jalan.

4. Sebagai wujud nyata kepedulian kader PKK terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19 baik dari aspek sosial maupun perekonomian, Pemerintah Kecamatan kemang juga menyediakan dapur umum oleh TP PKK mulai tingkat kecamatan hingga tingkat desa dan kelurahan guna membantu masyarakat tidak mampu yang terdampak secara ekonomi akibat Pandemi Virus Corona.


5. Mendorong masyarakat untuk membiasakan diri dengan pola hidup sehat sebagai salah satu cara mencegah penyebaran virus mematikan seperti corona serta menghimbau kepada masyarakat agar mengikuti anjuran dan petunjuk dari Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Daerah tentang hal-hal apa yang harus dilakukan dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran virus Ini.


6. Turut mensosialosasikan dan menekankan kepada masyarakatnya terkait pemberlakuan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di Kabupaten Bogor yang tengah dilaksanakan sejak 15 April hingga 12 Mei 2020 mendatang, dengan mengimbau agar masyarakat tidak berpergian keluar daerah, langkah ini juga diambil sebagai antisipasi dalam pencegahan penyebaran virus corona.


"Kami ingin melindungi warga Kemang agar tidak terpapar virus yang dibawa masyarakat dari luar. Hal itu sesuai dengan Peraturan Bupati No 16 Tahun 2020, salah satu tujuan PSBB adalah membatasi kegiatan tertentu dan pergerakan orang dan/atau barang dalam rangka menekan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)," tutur Pelaksana Tugas (Plt) Camat Kemang, Ria Marlisa A, SSTP,M,Si.


Ria Marlisa mengatakan, sebelum diberlakukan PSBB, pihaknya selalu mengingatkan kepada masyarakat guna mengantisipasi penyebaran virus corona. "Kita terjun langsung ke masyarakat, dibantu Pemdes untuk mengingatkan dan mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap penyebaran dan penularan Covid-19," terang wanita yang saat ini memimpin 8 desa dan 1 kelurahan di Kecamatan Kemang.


Ria Marlisa menambahkan, sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemerintah Kecamatan Kemang juga melaksanakan kegiatan chek point yang di fokuskan kepada para pengendara roda dua, roda empat, transportasi umum dan barang serta membagikan masker masyarakat pada umumnya.


"Di Kecamatan Kemang ada tiga titik posko check point selama PSBB, yang pertama di Jalan Raya Atang Sendjaja (ATS) Semplak, kedua di Salabenda Raya Jakarta – Bogor, dan yang terakhir di Jalan Raya Jampang-Kemang," pungkasnya. (IGON)

*Publikasi Kinerja Pemerintah Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.