Pemdes Cisarua Gelar Musdesus Bantuan BLT



Pemdes Cisarua Gelar Musdesus Bantuan BLT

87 Online News
Selasa, 05 Mei 2020

Sukabumi - Sebelum penetapan penerima bantuan sosial BLT-DD agar tepat sasaran. Pemerintah Desa Cisarua, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi menggelar Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) dalam rangka Validasi finaliasi dan penepatan calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) tahuh 2020. Bertempat di aula Desa Cisarua, Senin (04/05/2020).

Pemerintah Desa terlebih dahulu melakukan musyawarah desa khusus tentang mekanisme pendataan dan validasi calon penerima BLT-DD agar tepat sasaran dan tidak tumpang tindih.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Cisarua, Ketua BPD, Sekretaris Kecamatan Nagrak, Babinsa, Bidan Desa, para ketua RW, pendamping desa dan unsur lembaga desa beserta relawan Covid- 19

Dalam sambutannya Kepala Desa Cisarua Kosasih mengatakan,"Musdes Khusus APBDes Perubahan Tahun 2020 dilakukan dalam rangka menindaklajuti Permendesa dimana didalamnya desa diharuskan melakukan rekofusing anggaran untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa 2020," terangnya.

Lebih Lanjut dikatakannya, BLT ini akan menyasar pada warga miskin yang tidak tercatat sebagai Penerima Bantuan PKH dan BPNT, dan tentunya yang paling utama telah terdata sebagai calon penerima dari Relawan Desa dan lolos verifikasi dan validasi, sehingga BLT ini tepat sasaran.

"Besaran dana BLT-DD ini adalah Rp.600.000 per KK, selama 3 bulan yang rencananya akan disalurkan secara tunai kepada KK sasaran dengan melibatkan relawan penanggulangan covid19 desa cisarua dibantu satgas siaga RW RT lawan Covid-19, jelasnya.

Kosasih menambahkan BLT-DD Desa cisarua dari anggaran yang terserap sebesar 946.673.000 di x 30% = 284.001.900 dibagi Rp 1.800.000 untuk 3 bulan, total yang mendapat bantuan 157,7 KK untuk satu desa.

Dalam kesempatan yang sama ketua BPD Desa Cisarua Agus Suhendra menegaskan,"bahwa calon penerima BLT-DD harus sesuai dengan sasaran penerima BLT-DD yang meliputi keluarga miskin non PKH/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), kehilangan mata pencaharian karena terdampak Covid-19, belum terdata (exclusion error), dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis."

Sasaran penerima BLT-DD tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Desa PDTT Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana desa tahun 2020, pungkasnya. (Dd Rey)