LBH 1201 Hadir Untuk Masyarakat Tidak Mampu Dan Termarjinalkan -->

Adsense




LBH 1201 Hadir Untuk Masyarakat Tidak Mampu Dan Termarjinalkan

87 Online News
Kamis, 14 Mei 2020

BOGOR - Banyaknya permasalahan serta keluhan masyarakat terkait hukum menginspirasi beberapa Advokat Nasional & Kota Bogor, menggagas pembentukan Lembaga Bantuan Hukum (LBH), salah satunya, LBH-1201.

Ketua umum LBH-1201, Richard E.G.A Angkuw, SH. MH menuturkan, LBH-1201 tersebut hadir untuk memberi bantuan hukum kepada masyarakat khususnya masyarakat ekonomi bawah atau tidak mampu.

"Selain itu, LBH-1201 juga merupakan cikal bakal gerakan partisipasi sebuah lembaga yang peduli kepada masyarakat yang termarjinalkan oleh dinamika pembangunan dan sosial," tutur Pria yang akrab dengan sapaan Ricky, Rabu (13/5/2020).

Menurutnya, keadilan bisa dicapai apabila masyarakat medapatkan haknya. "Bagi masyarakat yang memiliki kemampuan finasial dapat membayar pengacara untuk mewakili kepentingan dalam menjalani proses hukum," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal LBH-1201 Widya W Savitri, S.H menjelaskan, LBH ini bersifat Nasional dan dalam waktu tidak terlalu lama. Ia berharap, kehadiran LBH ini bisa berdampak positif dan berperan aktif dalam proses penegakan hukum, penyuluhan hukum, dan berupaya menciptakan masyarakat sadar hukum.

"Mudah-mudahan tidak ada hambatan berarti, kami akan membentuk beberapa perwakilan di daerah daerah, di seluruh wilayah Tanah Air," harap Widya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pengawas LBH-1201 Roy Sianipar, S.H mengatakan, LBH ini dirikan bersama beberapa Advokat Nasional yang mempunyai tujuan sama untuk hadir dan berkomitmen menjadi salah satu wadah yang berkontribusi nyata ditengah tengah masyarakat dalam konteks pembelaan - pembelaan hukum.

"Disamping itu, LBH ini akan menjadikan sebagai laboratorium hukum dalam artian aktif melakukan kajian, pelatihan, penyuluhan baik yang besifat kebijakan kebijakan pemerintah ataupun segala macam aspek yang bersinggungan dengan hukum ditengah - tengah masyarakat," papar pria yang sedang menempuh Magister Hukum Jayabaya ini.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina LBH - 1201, Osner Johnson, SH, MBA menambahkan, LBH - 1201 ini di bentuk guna memberikan solusi atau kepastian hukum bagi masyarakat tidak mampu.

Karena, kata dia, jika ada masyarakat yang menjadi korban ketidak adilan dalam menghadapi masalah hukum ataupun menghadapi ketidak adilan sosial, apabila datang kekantor hukum pribadi, kemungkinan mereka tidak mampu untuk membayarnya, maka di bentuk lah LBH - 1201 ini.

"Kami secepatnya akan membuat kegiatan pelatihan-pelatihan bagi paralegal yang bermaksud meningkatkan pengetahuan hukum kepada LSM dan masyarakat. Minimal, mereka mengetahui mekipun hanya kulitnya saja," pungkasnya. 

Reporter : GN
Editor      : Ibra