Diguyur Hujan Selama 5 Jam, Tebing Setinggi 26 Meter Longsor



Diguyur Hujan Selama 5 Jam, Tebing Setinggi 26 Meter Longsor

87 Online News
Sabtu, 02 Mei 2020

KAB.BOGOR - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bogor dan sekutarnya pada Jumat (1/5/2020), menyebabkan tebing setinggi 26 meter di Kampung Ciapus Peuntas Rt  03 Rw 01 Desa Sukamakmur, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, longsor. Akibatnya, sebuah rumah milik Ogin (47) tahun, mengalami kerusakan dan sejumlah bangunan disekitarnya terancam.

"Kejadiannya jam 17:00 wib saat hujan deras kurang lebih lima jam, mengakibatkan tebing setinggi 26 meter dan bagian belakang rumah saya terbawa longsor," kata Oding kepada wartawan, dilokasi kejadian.

Atas kejadian tersebut, Kepala Desa Sukamakmur beserta Babinkamtibas, Babinsa, Petugas BPBD, Ketua Ranting BPPKB serta masyarakat sekitar langsung datang kelokasi untuk melakukan evakuasi.

"Saya berterimkasih kepada Ibu Kades yang cepat tanggap. Begitu menerima laporan kejadian, malamnya beliau (Kades) langsung datang ke rumah saya, sehingga saya dan keluarga merasa tenang. Atas kejadian ini, saya mengharapkan bantuan dari pemerintah dan para donatur yang mau membantu saya," ungkapnya.

Guna mencegah longsor susulan untuk sementara Ogin dan keluarganya sementara diungsikan ke rumah kontrakan Selama tiga bulan kedepan, sambil nunggu bantuan dari pemerintah.

"Begitu menerima laporan dari warga pada pukul 17:00 Wib, Ada tanah longsor di Kampung Ciapus Peuntas, Saya dan Staf Desa langsung ke lokasi untuk memastikan hal tersebut," kata Kepala Desa Sukamakmur, Sri Widiarti.

Ia berpesan kepada masyarakat yang rumahnya berada dipinggir sungai atau di tebing agar meningkatkan kewaspadaan. "Soalnya curah hujan sedang tinggi," pungkasnya. (Herman)