Perasaan Bahagia Dan Haru Terpancar Dari Wajah Emak Inah Saat Rumahnya Direnovasi Oleh TNI -->

Adsense




Perasaan Bahagia Dan Haru Terpancar Dari Wajah Emak Inah Saat Rumahnya Direnovasi Oleh TNI

87 Online News
Rabu, 18 Maret 2020

CIANJUR - Persasaan bahagia bercampur sedih terpancar dari raut wajah Emak Inah (53), seorang wanita paruh baya, warga Kampung Cijati RT01/03, Desa Mekar Mulya, Kecamatan Cikalong yang tak kuasa menahan haru ketika rumahnya yang rapuh dan reyod di rehab total melalui program TMMD ke 107 Kodim 0608/Cianjur.

"Saya atas nama keluarga tak bisa mengungkapkan terlalu banyak, atau bicara apa-apa. Susah, karena merasa bersyukur campur sedih bahagia begitu," ungkap Emak Inah, yang disampaikan dalam rilis Kapendim 0608/Cianjur, Rabu (18/3/2020).

Emak Inah, tinggal menempati rumah reyod tersebut, bersama dua anaknya, Kusnadi yang masih duduk di bangku SMP, dan kakaknya, Iin Solihin sudah berkeluarga. Lalu, suaminya, Ijon (60) hanya seorang buruh tani ( buruh serabutan ) yang bekerja setiap hari untuk menafkahi keluarga. Sehingga, tidak cukup untuk membangun rumah. Jangan kan bangun rumah untuk kebutuhan sehari-hari tidak cukup, artinya gali lubang tutup lubang. Bahkan serba kekurangan selalu dibantu oleh keluarga atau tetangga dekat.

"Punya anak tiga, satu masih sekolah dan dua sudah berkeluarga. Tinggal di Kecamatan Ciranjang yang satu lagi, kalau disini yang ikut dua sama nenek," kata Emak Inah sambil meneteskan air mata.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Mekar Mulya, Dadang mengatakan, keberadaan TMMD sangat dirasakan, untuk masyarakat bisa harmonis. Karena ini sudah diimpi-impikan sejak dulu oleh warga disini. Dan, memang kondisinya sangat kurang baik ekonomi saat ini (banyak tidak mampu) mayoritas buruh tani dan serabutan.

"Saya atas nama warga desa ini mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran TNI. Terutama pak Dandim Cianjur," katanya.

Kades menambahkan, setelah adanya program TMMD bisa dirasakan dan suatu penyemangat bekerja dan saling bantu berkehidupan sosial bermasyarakat. Kedepan masyarakat tidak terisolir lagi di jalan, mudah-mudahan semua hasil bumi bisa diangkut dengan baik dan lancar.

"Saya sangat mendukung kegiatan TMMD ini, kebetulan disini ada Babinsa yang selalu berkoordinasi dan menjalin hubungan baik dan mengajak masyarakat selalu bersama-sama. Kami sekali lagi mengucapkan banyak terima kasih sekali, atas kerjasama dan partisipasinya. Alhamdulillah TNI dengan masyarakat kerjasama untuk membantu meningkatkan perekonomian," ucap Dadang.

Sedikitnya empat Rutilahu di Kampung Cijati, Desa Mekarmulya, dibangun secara permanen, yakni rumah milik Ibu Inah (53), Ibu Dedah (57), Ibu Masih (70) dan Bapak Johar (48). Dalam pembangunannya, dilakukan oleh prajurit TNI dari Kodim 0608/Cianjur dibantu warga sekitar.

Dandim 0608/Cianjur, Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, SE, M. Han menjelaskan, bahwa pembangunan Rutilahu merupakan wujud kepedulian TNI terhadap warga masyarakat yang kurang mampu. Sehingga, dengan kegiatan tersebut, dapat membantu mengatasi angka kemiskinan didaerah terpencil.

"Dimana program bantuan pembangunan Rutilahu ini sangat penting untuk dilaksanakan, agar dapat mendorong dan menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam memenuhi kebutuhan rumah tinggal yang layak huni," ujar Dansatgas TMMD ke 107 ini.

Dikatakan Dandim, kegiatan yang dilaksanakan bersama masyarakat itu mendapat apresiasi positif. Hal tersebut, kata dia, tidak terlepas dari koordinasi yang dilakukan antara Satgas TMMD Kodim 0608/Cianjur bersama Forkompimcam, dan aparat desa lainnya.

"Mudah-mudahan bantuan pembangunan Rutilahu yang diberikan itu benar benar tepat sasaran terhadap warga yang memang membutuhkan," pungkasnya. (red)

* Sumber : Kapendim 0608/Cianjur