DPD KPRI-1 Bantu Polisi Ungkap Peredaran Narkoba Di Jember



DPD KPRI-1 Bantu Polisi Ungkap Peredaran Narkoba Di Jember

87 Online News
Rabu, 11 Maret 2020

JATIM - Polres Jember, Jawa Timur berhasil mengamankan berbagai jenis Narkoba, diantaranya sabu-sabu sebanyak 75 Gram dan obat keras berbahaya (Okerbaya) pil koplo jenis Trexyphenidyl sebanyak 4.320, Obat Dextro sebanyak 5.080 dengan total 9.400 butir serta uang Rp.296 ribu, dan sebuah Handy Talky sebagai alat komunikasi.

Innformasi yang dihimpun, penangkapan bermula saat anggota Denma Brigif Raider 9/DY, Kopka Usri dan ketiga temannya Asmoro Dewan Daru, Ketua DPD Komunitas Pendukung RI 1 atau KPRI-1, Eko Agus S, dan I Made Bagi Ade Sumantra anggota KPRI -1 yang sedang melakukan perjalanan menuju Desa Waringin Telu, Kecamatan Puger, Jember. 

Saat itu, mereka melihat ada kerumunan remaja yang sebagian masih menggunakan pakaian seragam sekolah sedang melakukan kegiatan yang dianggap janggal. Kopka Usri dan temannya memutuskan untuk menghampiri kerumunan remaja tersebut dan melihat mereka sedang mabuk pil koplo. 

Ketika ditanya sedang apa, para pemuda itu mengaku sedang mabuk pil. Kemudian Kopka Usri dan temannya bertanya dari mana barang itu didapat. Dan mereka menjawab di sekitar Belakang Gudang tembakau.

Merasa penasaran, Kopka Usri dan temannya mendatangi lokasi tersebut. Sampai di lokasi, mereka kembali menemukan kerumunan anak remaja dan dewasa sedang melaksanakan transaksi Jual beli Pill Koplo.

Saat dihampiri, mereka langsung melarikan diri. Kopka Usri dan tiga temannya berhasil menangkap satu orang yang membawa pil koplko satu kantong plastik besar. Dia mengaku mendapatkan barang dari Wawan. Kemudian Kopka Usri dan temannya menyerahkan kasus ini ke Polsek Puger.

Dari laporan Kopka Usri dan Komunitas Pendukung RI 1 atau KPRI-1 ini, kemudian polisi melakukan pengambangan, dan berhasil menagkap pelaku berinisial HRY, saat melakukan transaksi narkotika jenis sabu, pada hari Jumat (6/3/2020). Pelaku dibekuk dirumahnya yang terletak di Jambe Arum, Puger.

"Setelah di geledah, pelaku HRY didapati sabu-sabu 10 gram. Kemudian kita lakukan penggeledahan di kontrakan, dan ditemukan lagi sebanyak 15 gram sabu," kata Kasat Narkoba Polres Jember Iptu Agung Joko Haryono.

Dari pengakuan pelaku HRY, dalam mendistribusikan barang haram tersebut, dia memiliki kurir bernama SY. Polisi pun membekuk SY bersama barang bukti 50 gram sabu. 

"Dua orang pelaku ini, merupakan pengembangan dari tersangka K yang pernah diamankan sebelumnya. "Pelaku diamankan di pinggir jalan area persawahan Desa Wringin Telu, Kecamatan Puger, Jumat (6/3/2020) pukul 14.00 WIB," paparnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para pelaku akan dikenakan pasal 114 ayat 2 Sub pasal 112 ayat 2 UU Narkotika nomer 35 tahun 2009 dengan ancaman minimal 6 tahun dan maksimal 20 tahun.

Sedangkan, seorang pengedar telah diamankan berinisial WES (30) asal warga Purwoasri, Gumukmas, saat digerebek oleh satu anggota TNI dan anggota Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komunitas Pendukung RI 1 (KPRI-1).

"Sementara untuk barang didapat dari mana, kita masih melakukan pengembangan. Pelaku dikenakan pasal 196 sub pasal 197 UU No.36 tahun 2009 tentang kesehatan, dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun," pungkasnya. (Red)

*Sumber : Harian Terbit/KPRI -1