Puluhan Anak Yatim Ikuti Lomba MHQ Baldatun Center -->

Adsense




Puluhan Anak Yatim Ikuti Lomba MHQ Baldatun Center

87 Online News
Sabtu, 08 Februari 2020

Sukabumi - Sebanyak 73 anak yatim piatu mengikuti lomba Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) yang diselenggarakan dalam rangka mengisi Milad Balad Ade Dasep Siap Turun (Baladatun) Center yang ke- 4 di aula gedung salah hotel di Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi, Minggu (7/02/2020).

Acara Milad Baldatun Center dibuka langsung oleh ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yuda Sukmagara.

Pendiri dan Penanggung Jawab Baldatun Center Ade Dasep Zaenal Abidin Mengatakan," inti dari acara Milad adalah Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) pesertanya khusus anak yatim yang belum aqil baligh binaan Baladatun Center."Alhamdulillah dari milad ke milad terus ada peningkatan terutama dari jumlah peserta yang mengikuti MHQ. 

Adapun yang mengikuti lomba hari ini sebanyak 73 peserta dari 58 desa 1 kelurahan  diwilayah Dapil 3 didampingi oleh pengurus Baldatun Center ditiap desa. Sementara surat yang dilombakan juz ke-30 dari mulai surat An'naba sampai surat annas."Sebelumnya para peserta telah diseleksi oleh masing masing desa, dari 1800 anak yatim binaan Baldatun Center 73 lolos sebagai yang terbaik dan mewakili desanya."Ungkap Ade Dasep kepada media disela kegiatan. 

Lanjut dikatakannya," yang membedakan Milad Baldatun yang ke- 4 yaitu launching kartu sehat dan juga kartu beasiswa pendidikan untuk anak yatim. Pemberian kedua kartu tersebut sebagai bentuk implementasi janji politik ketika maju sebagai anggota legislatif di periode yang kedua. 

Janji politik diperiode kedua adalah selain memakmurkan anak yatim juga budaya paham alquran memberikan wakaf alquran yang ada terjemahannya dan memberikan pasilitas kesehatan dan pendidikan gratis untuk anak yatim,"tutur Ade Dasep. 

Ade Dasep menambahkan,"hadiah bagi juara lomba untuk juara pertama akan mendapatkan uang pembinaan sebesar 5 juta rupiah piala, piagam penghargaan dan seperangkat alat sekolah, juara kedua mendapat uang pembinaan 3,5 juta dan juara ketiga 2,5 juta juga hadiah lainnya. Sementara bagi yang mendapatkan beasiswa pendidikan dan kesehatan masing - masing mendapatkan  1,7 juta untuk 24 anak yatim di 24 Desa. 

Sementara ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yuda Sukmagara menuturkan, dirinya mengapresiasi program Baldatun Center ini.  Menurutnya kegiatan positif ini terus perlu dikembangkan, apalagi MHQ khusus untuk anak yatim ini sepertinya baru pertama dilaksanakan di Indonesia. 

Semoga kegiatan ini menjadi sebuah motivasi untuk dapat dikembangkan khususnya di jawabarat. Apalagi pa Ade Dasep mempunyai cita cita ingin membangun universitas alquran. Mudah mudahan ini menjadi langkah awal terwujudnya cita- cita beliau,"tutur Yuda Sukmagara.

Masih menurut Yuda," sebagai umat muslim sudah seharusnya anak yatim ini menajdi tanggung jawab kita bersama dan apa yang dilakukan Baldatun Center ini perlu dicontoh, terutama kegiatan sosial kemasyarakatan nya,'pungkas Yuda. (Dd Rey)