Kader Posyandu Desa Waringinjaya Dibekali Materi Peningkatan Kapasitas



Kader Posyandu Desa Waringinjaya Dibekali Materi Peningkatan Kapasitas

87 Online News
Kamis, 27 Februari 2020

KAB.BOGOR - Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama guna memberdayakan serta memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Sebagai perwujudan dari peran serta masyarakat tidak serta merta hadir dan bergerak dengan sendirinya, dukungan pemerintah desa terhadap keberadaan dan kesinambungan posyandu terus diupayakan. Seperti yang dilakukan Pemerintah desa (Pemdes) Waringin Jaya, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor. 

Berbagai kebijakan telah dibuat oleh Pemerintah Desa Waringin Jaya, melalui bermacam kegiatan dan program yang telah dilaksanakan agar posyandu tetap eksis dan menjadi gerbang terdepan pemberdayaan masyarakat, salah satunya melalui kegiatan peningkatan kapasitas Kader Posyandu yang dilaksanakan di Aula Kantor desa Waringinjaya, Kamis (27/2/2020).

Kepala Desa Waringinjaya, Rohmat,SE melalui Rusdi selaku Sekretaris desa menuturkan, kegiatan peningkatan kapasitas kader posyandu diikuti oleh 80 orang peserta dari 14 posyandu yang ada di Desa Waringinjaya.

"Posyandu merupakan salah satu sarana kesehatan berbasis masyarakat seperti layanan kesehatan ibu dan anak, peningkatan kapasitas ini sangat penting untuk memberikan pengetahuan tentang tugas dan peran kader posyandu disamping pemahaman terkait pelayanan terhadap masyarakat, juga dari sisi administrasi agar lebih baik lagi," tutur Rusdi saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurutnya, ketika seluruh kader sudah meningkatkan kapasitasnya, maka akan sangat berdampak pada peningkatan kesejahteraan di sekitar posyandunya masing-masing. Disamping tugas dan peranan, para peserta (Kader Posyandu) diberikan materi tentang bagaimana cara untuk meningkatkan strata posyandu, dari Posyandu Madya ke Posyandu Mandiri dengan menghadirkan Pokja desa, pihak dari Puskesmas Kemuning dengan pemateri dari Posyandu dan Pokjanal Kecamatan Bojonggede.

"Karena komitmen kita, di tahun 2020 ini harus bertambah 1 Posyandu Mandiri. Saat ini di desa waringin jaya telah memiliki 14 Posyandu dan semuanya memiliki gedung sendiri," pungkasnya.

Ia berharap, hasil dari kegiatan ini dapat diaplikasikan serta memberikan motivasi dan meningkatkan kapasitas para kader posyandu, mulai dari pencatatan buku KIA hingga laporan pendanaan yang sehat. (IB)