Inisiator GTP Harapkan Makin Banyak Perusahaan Sisihkan Keuntungan Untuk Lingkungan -->

Adsense




Inisiator GTP Harapkan Makin Banyak Perusahaan Sisihkan Keuntungan Untuk Lingkungan

87 Online News
Jumat, 17 Januari 2020

KAB.BOGOR - Gerakan Tanam Pohon (GTP) bersama Perumda Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor dan PT.Tokyuland Indonesia bersama komunitas lainnya melakukan aksi penanaman pohon di lokasi Perumda Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor, Jalan H Mansur 1 Gang Haminteu Kota Batu, Ciapus, Kabupaten Bogor, Jumat (17/01/20).

Inisiator GTP, Heri Cahyono mengatakan penanaman ini dimaksudkan untuk menghijaukan daerah hulu, diharapkan curah hujan yang tinggi di kaki gunung salak tidak sampai membuat aliran air berlebih ke daerah hilir.  

"Pohon mempunyai fungsi menahan air dari tangkapan hujan yang turun. Jika kita mampu memperbaiki daerah hulu, maka tentu kita bisa mencegah potensi banjir dan longsor, seperti baru baru ini kita melihat banyak lokasi di berbagai terkena bencana banjir dan longsor hingga mengakibatkan banyak kerugian harta," tutur Heri, yang juga anggota DPRD Kota Bogor dari Partai berlambang pohon beringin itu.

Menurutnya, melalui kepedulian dari sejumlah perusahaan sangat berharga bagi masyarakat. Kedepan GTP berharap makin banyak perusahaan perusahaan yang menyisihkan keuntungannya untuk perbaikan lingkungan, salah satunya adalah tanam pohon.

"Kota Bogor harus dirawat bersama sama. Walaupun saat ini kita menanam pohon di Kabupaten Bogor, tetapi dampaknya akan terasa di Kota Bogor, karena disini adalah wilayah hulu dan aliran air dari hulu akan menuju ke hilir termasuk melalui Kota Bogor, jika kita mampu mengamankan daerah hulu Insya Allah kita akan aman dihilirnya tuturnya," ungkap alumni IPB angkatan 28 ini.


Selain penggiat GTP, Ketua GTP H.Irawati, RAPI, satgas Kosgoro 57 Kota Bogor, PPM Kota Bogor, bikers FKPPI Kota Bogor, para aktivis GTP, serta seluruh karyawan PT Tokyu land hadir pada kegiatan itu, Dirut Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor Deni Surya Sanjaya. 

"Beliau (Dirut PDAM Tirta Pakuan) merupakan pimpinan perusahaan air minum yang sangat peduli kepada perlindungan sumber sumber, air yaitu menanam pohon," ujarnya.

Heri menambahkan, pohon yang ditanam adalah jenis bisbul, rambutan, nangka, manggis, jambu jamaika, sukun, dan mangga. 

"Pohon pohon buah buahan tersebut sangat bermanfaat, buahnya bisa kita nikmati juga dapat menjadi cadangan bagi makanan burung dan satwa, ini juga bagian dari menciptakan habitat bagi burung burung berkicau," pungkasnya.(D2N)