Awal Tahun 2020 Sejumlah Kawasan Diwilayah Kabupaten Bogor Dilanda Bencana -->

Adsense




Awal Tahun 2020 Sejumlah Kawasan Diwilayah Kabupaten Bogor Dilanda Bencana

87 Online News
Rabu, 01 Januari 2020

KAB.BOGOR - Curah hujan dengan intensitas tinggi diwilayah Kabupaten Bogor dan sekitarnya sejak Selasa (31/12/2019) siang hingga Rabu (1/1/2020) pagi, menyebabkan sejumlah kawasan di Kabupaten Bogor mengalami bencana banjir dan longsor.

Longsor dan Banjir terparah tetjadi di sejumlah titik wilayah Bogor Barat diantaranya Cigudeg, Parung Panjang hingga Jasinga dan Nanggung.

Seperti yang terjadi di Kampung Cilame, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, puluhan rumah warga di kawasan itu hanyut disapu banjir dari luapan aliran Sungai Cidurian setelah diguyur hujan lebat.

Tak hanya banjir, luapan sungai tersebut juga menyebabkan tiang listrik roboh, jembatan terendam di Kampung Ciasahan Cigudeg. Bahkan kendaraan roda empat juga ada yang ikut terbawa banjir.


Belum diketahui korban akibat bencana tersebut, menurut informasi yang didapat dari berbagai sumber masyarakat setempat ada santri yang ikut hanyut terseret banjir di Parung Sapi, Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga.

Selain banjir, hujan deras juga menyebabkan longsor di Cibokor Panjaungan, Nanggung. Sementara, kondisi puluhan rumah warga di Kampung Cilame, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg terbawa hanyut luapan Sungai Cidurian, Rabu (1/1/2020) pagi.

Kondisi itu membuat warga sekitar sungai panik, bahkan sebagian warga diungsikan ke masjid dan rumah warga yang berada lebih tinggi dari sungai.

“Demi keselamatan, warga sekitar sungai diungsikan dulu sementara,” kata Subadri, warga RT 03/ 02 Kampung Ciasahan, kepada Wartawan.


Tak hanya rumah-rumah warga yang terkena imbas banjir bandang, tapi Jembatan Ciasahan yang menjadi satu-satunya akses jalan warga di tiga kampung, yakni Cigowong, Ciasahan dan Nanggung ikut terendam air Cidurian yang meluap.

Berikut data sementara lainnya yang terkena bencana alam diwilayah Kabupaten Bogor : 

1. Kecamatan Babakan Madang, Jalan penghubung Kecamatan Babakan Madang dengan Kecamatan Sukamakmur amblas tepatnya di Kp. Cilaya RT 02/ 08, Desa Karang Tengah dan Jalan menuju wisata Gunung Pancar menglami longsor.

2. Kecamatan Sukaraja.

- Kp Lebak Nangka Rt 02/05 tepatnya di Jalan Lodaya Desa Gunung Geulis salah satu Rumah atas nama Bapak Abun, yang di huni oleh 3 kepala kepala keluarga 11 jiwa dan Rumah atas nama Ibu Uun di huni 3 kepala keluarga dengan jumlah 7 Jiwa.

- Desa Cijujung di Rt 07/04 mengalami tanah longsor.

- Desa Sukatani di Rt 01/01 mengalami tanah longsor.

- Desa Pasir Jambu Lokasi Rt 01/03 mengalami tanah longsor.

3. Kecamatan Jasinga.

- Sungai Cidurian meluap dan mengakibatkan beberapa desa mengalami banjir

4. Kecamatan Tajur Halang.

- Area Perumahan Puri Citayam Permai 2 RT 2/22 G3 No 15 Desa Rawa Panjang ( LIPI 2)

KORBAN

- Bagas Marsdianto, 20 tahun, warga perumahan Puri Citayam Permai 2 RT 2/22 G3 No 15 Desa Rawa Panjang. Diduga korban terbawa arus banjir dan akhirnya dikabarkan meninggal dunia. (Red)

*Dihimpun dari berbagai sumber.