Tingkatkan SDM Inovatif, KRL Hayang Bersih Menggandeng Relawan Jampedas -->

Adsense




Tingkatkan SDM Inovatif, KRL Hayang Bersih Menggandeng Relawan Jampedas

87 Online News
Rabu, 04 Desember 2019

KAB.BOGOR - Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki karakter dan mampu berinovasi. Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Hayang Bersih, Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, menggandeng Relawan Sosial Lingkungan 

"Hal itu, guna mewujudkan lingkungan bersih, sehat, tertata dan hijau," kata Ketua KRL Hayang Bersih Desa Sukaraja, Dede Suherman didampingi pengurus KRL, RT 01/07 Yayu dan Maryam, kepada Wartawan, Rabu (04/12/19).

Ia menjelaskan, KRL adalah program Pemerintah Kabupaten Bogor dengan tujuan diantaranya untuk pengendalian kekeringan, banjir dan longsor melalui kegiatan penghijauan, pengelolaan sampah serta pembuatan lubang biopori.

"Untuk itu, dalam mewujudkan Kabupatenku Bersih, kami akan memfokuskan penyediaan Bank Sampah dan kreasi sampah daur ulang yang bekerjasama dengan relawan Sosial Jaringan Masyarakat Peduli Daerah Aliran Sungai (Jampedas)," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Jampedas, Rd Mursyid menjelaskan pihaknya diminta oleh KRL Hayang Bersih, Desa Sukaraja untuk memberikan pengetahuan dan inovasi dibidang lingkungan. 

"Kami (Jampedas,red) akan memberikan lebih banyak praktek tentang penanggulangan lingkungan dengan memfokuskan SDM berkarakter. Sehingga KRL yang dibimbing nantinya bukan hanya mengejar prestasi dalam lomba, akan tetapi lebih menekankan inovasi dan Edukasi kepada masyarakat," jelas Mursyid. 

Mursid menjelaskan, Pjs Kades Sukaraja Mohamad Iskandar mengharapkan dengan adanya KRL ini, agar lingkungan diwilayah bisa tertata dengan rapi. "Terutama bisa mengatasi permasalahan sampah, sehingga tercipta lingkungan bersih dan sehat," tukasnya.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Kecamatan Sukaraja Irna Yulistina mengatakan, pihak kecamatan akan mendukung program tersebut. Karena menurutnya, bahwa KRL sebagai ujung tombak dalam mewujudkan Bogor Kabupatenku Green & Clean.

"Saya berharap kehadiran KRL di Desa Sukaraja bisa mengembangkan tanaman vertikultur dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah demi terciptanya Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). (Gan/IB)