Peringati Hari Tanah Sedunia, Pustaka Laksanakan Penandatanganan Naskah Kerjasama Dengan 7 Stakeholder -->

Adsense




Peringati Hari Tanah Sedunia, Pustaka Laksanakan Penandatanganan Naskah Kerjasama Dengan 7 Stakeholder

87 Online News
Kamis, 05 Desember 2019

KOTA BOGOR - Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) yang diberikan amanah oleh Kementerian Pertanian dalam mengelola Museum Tanah dan Pertanian menggelar peringatan "Hari Tanah Sedunia 2019" dengan mengusung tema "Hentikan Erosi Tanah, Selamatkan Masa Depan Kita." Bertenpat di Museum Tanah Jalan Ir.H Djuanda Kota Bogor, Kamis, (05/12/19).

Kepala PUSTAKA Retno Sri Hartati Mulyandari menuturkan, Hari Tanah Sedunia kali ini, sebagai momentum untuk membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mengelola tanah secara arif serta untuk mengenalkan dan mengajak masyarakat agar dapat mengelola tanah dan lingkungan arif dan dengan sebaik-baiknya sehingga kelestarian kehidupan manusia dapat terjaga. 

"Karena tanah merupakan sumber kehidupan, sehingga kita harus menjaga tanah secara arif dan sebaik mungkin. Bagaimana memberikan pengetahuan dan edukasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadarannya untuk dapat bersama menjaga tanah beserta lingkungannya," tutur Retno.

Pada kesempatan ini, PUSTAKA juga turut menghadirkan stakeholders yang berpartisipasi memberikan pengetahuan kepada masyarakat, untuk melestarikan tanah beserta lingkungan seperti Panda Mobile WWF Indonesia, Komunitas Kelompok Tani Hidroponik, petani organik, perusahaan pupuk organik,  serta stakeholders terkait hasil dan olahan pertanian.

Masih kata Retno, Museum Tanah dan Pertanian yang juga dibranding sebagai pusat informasi dan edukasi pertanian tematik adalah salah satu wahana yang cocok untuk sumber pengetahuan bagi masyarakat luas mengenai tanah, iklim, dan lingkungan serta pertanian dan peternakan secara umum. 

"Guna mendukung Tupoksi PUSTAKA dalam pengelolaan perpustakaan dan penyebarluasan informasi iptek pertanian serta pengembangan perpustakaan pertanian berbasis inklusi sosial, dalam kegiatan ini juga kita laksanakan penandatanganan naskah kerjasama "Pemanfaatan Bersama Sumberdaya Koleksi Perpustakaan dan Museum antara PUSTAKA" dengan berbagai stakeholders," bebernya.

Retno menambahkan, tujuh stakeholders yang hadir dan melakukan kegiatan penandatanganan naskah kerjasama antara lain, Dinas Ketahananan Pangan Kabupaten Kampar, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Bogor, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, Dinas Pariwisata Kota Bogor, Dinas Pendidikan Kota Bogor, Fakultas Ilmu Sosial Budaya Universitas Pajajaran (Unpad), dan Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketahananan Pangan Kabupaten Kampar, Cokroaminoto yang ditemui seusai melaksanakan penandatanganan naskah kerjasama mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi Kementerian Pertanian melalui PUSTAKA yang telah menginisiasi kerjasama untuk pengembangan program pemanfaatan lahan pekarangan dan memperpendek rantai pemasaran dengan mempertemukan produsen pangan (petani) dengan konsumennya langsung.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, Hj.Siti Fariqah menyatakan bahwa setuju dengan semangat Kepala PUSTAKA yang paling utama adalah aksinya di lapangan.  

"Kerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial Budaya di titikberatkan pada pemanfaatan bersama sumberdaya koleksi perpustakaan dan museum. Saya berharap dengan adanya kerjasama ini kedepan dapat mendorong proses pemberdayaan masyarakat serta kelompok wanita tani dalam meningkatkan kesejahteraan keluarganya," pungkasnya.

Berbagai kegiatan menarik digelar seperti literasi informasi, lomba melukis pot, temu bisnis, tur museum, pameran foto, serta pameran pupuk dan produk teknologi pertanian lainnya. Ekspose Museum Tanah dan Pertanian pada helatan Hari Tanah Sedunia 5 Desember 2019 ini, PUSTAKA berhasil menggaet pengunjung Museum hingga mencapai 1.413 orang  hadir dan mengikuti beragam kegiatan, terutama tur Museum Tanah dan Pertanian.(D2N)