Kehadiran FPII Menambah Energi Untuk Sulteng Bangkit



Kehadiran FPII Menambah Energi Untuk Sulteng Bangkit

87 Online News
Kamis, 05 Desember 2019

PALU,SULTENG - Pasca bencana gempa, tsunami dan likuifaksi yang terjadi di Provinsi Sulawesi Tengah, terutama di Daerah Kota Palu, Kabuoaten Donggala dan Kabupaten Sigi pada September 2018 sampai saat ini masih menorehkan pertumbuhan ekonomi, sosial dan phisis masyarakat yang terkena dampak belum stabil.

Bantuan dari Pemerintah Pusat, Daerah, dan pihak NGO lainnya masih dirasa belum menumbuhkan percepatan pembangunan. Pelaku bisnis, pelaku usaha masih belum berani menanamkan modalnya di daerah terdampak tersebut.

Melihat hal ini, Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Sekretariat Wilayah (Setwil) Provinsi Sulawesi Tengah berkomitmen akan membantu Pemerintah Daerah (Pemda) baik tingkat Provinsi, Kota dan Kabupaten di Sulteng untuk Sulteng Bangkit.

Komitmen ini secara langsung dituangkan dalam acara pengukuhan dan pelantikan pengurus FPII Setwil Sulteng dan Kordinator Wilayah Kota dan Kabupaten se-Sulteng di Tanaris cafe, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (03/12/19).

Pelantikan yang mengangkat tema "Memantapkan peran pers dan jaringan media pers untuk bersama memberi kontribusi untuk Sulteng Bangkit" itu dihadiri oleh Ketua Presidium FPII, Kasihhati, Sekretaris Nasional FPII, Wesly H Sihombing, Kepala Dinas Kominfo Prov. Sulteng, Farida Lamarauna, Wakil Walikota Palu sekaligus ketua dewan pembina FPII Sulteng Sigit Purnomo Said (Pasha Ungu), Ketua DPRD Kota Palu, Ihksan Kalby, Ketua Kadin Kota Palu (Pembina FPII Setwil Sulteng), Ir. Gufron Ahmad, Anggota DPRD Provinsi Sulteng, Drs. Zainal Daud, Wakapolres Kota Palu, Kompol Abdul Aziz, Kepala BPKP Kota Palu, Kepala Kejari Kota Palu dan stek holder lainnya.

Dalam sambutannya mewakili Gubernur Provinsi Sulteng, Kepala Dinas Kominfo, Farida Lamarauna mengatakan, sangat menyambut baik kehadiran FPII di Provinsi Sulteng. Beliau juga mengungkapkan membuka pintu untuk kehadiran teman-teman FPII yang ada di Sulteng.

Wakil Walikota Palu yang juga merupakan Pembina FPII Kota Palu, Sigit Purnomo Said (Pasha Ungu) dalam sambutannya mengungkapkan, peran media dalam sektor apapun sangat penting. Ia sedikit mengulas peran tokoh-tokoh Media maupun Wartawan yang berkontribusi sangat besar di Indonesia. Seperi, WR Rudolf Supratman (Pencipta lagu Indonesia Raya), Bung Tomo (Pejuang), dan lain-lain.

"Saya yakin, dengan hadirnya Organisasi FPII dan jaringan media FPII di Sulteng, terutama diwilayah terdampak juga dapat memberikan Kontribusi melalui pemberitaan untuk Sulteng Bangkit," ujar Sigit Purnomo Said.

Ia juga mengajak stakeholder lainnya untuk tidak alergi dengan wartawan. Dan kepada wartawan yang bergabung dibawah naungan FPII, Sigit Purnomo Said berpesan agar dalam bekerja  menyajikan berita-berita yang faktual, menghindari berita-berita yang sumbernya tidak jelas (hoax).

Sementara itu, Ketua Presidium FPII, Kasihhati dalam sambutannya meminta kepada jajaran FPII baik tingkat Provinsi, Kota/Kabupaten di Sulteng agar ikut berpartisipasi, bekerjasama dengan Pemda dan stakeholder lainnya bersama-sama menuju Sulteng Bangkit .

"Kita sebagai Kontrol Sosial, bekerjalah secara profesional. Kedepankan Kode Etik Jurnalistik, UU PERS No. 40 tahun 1999. Dalam bentuk sosial, bantu masyarakat, bantu Pemerintah Daerah, jangan hanya mengontrol doang tapi melupakan sosialnya," ungkap Bunda Kasihhati, sapaan akrabnya.

Ia juga berterimakasih kepada Gubernur, Walikota, DPRD, BPKP, Kejaksaan Negeri, Kadin, Dinas Pariwisata Kota yang hadir dalam acara tersebut.

"Kehadiran beliau-beliau ini sebagai langkah awal FPII di Sulteng, agar dapat berkontribusi membantu Pemda. Tolong jaga kemitraan yang telah dibangun dengan baik," pintanya.

Sebelumnya, Prosesi Pengukuhan, Pemberiaan Pataka, pemberian SK Kepengurusan dilakukan oleh Ketua Presidium yang didampingi Seknas FPII, Wesly H Sihombing kepada Jajaran Pengurus FPII Setwil Sulteng yang di Ketuai Irfan Pontoh. Dilanjutkan dengan Prosesi Pengukuhan Enam Kota dan Kabupaten se-Sulteng yang dilakukan oleh jajaran Pengurus Setwil Sulteng didampingi Ketua Presidium dan Seknas FPII.

Anggota Paskibraka yang membawa bendera Merah Putih, bendera Pataka Setwil dan Korwil menambah hikmad dan sakralnya prosesi yang dihadiri sekitar 200 org tamu undangan. (IB)

Sumber : FPII Setwil Sulteng/Seknas.