BIG Resmikan SNI Corner dan Penandatanganan Kerjasama Dengan BSN



BIG Resmikan SNI Corner dan Penandatanganan Kerjasama Dengan BSN

87 Online News
Selasa, 10 Desember 2019

BOGOR - Badan Informasi Geospasial (BIG) resmikan Standar Nasional Indonesia (SNI) Corner dan melakukan penanda tanganan kerja sama antara BIG dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai payung pembangunan SNI Corner. Bertempat di Gedung C Lt 1 Kantor Badan Informasi Geospasial Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa, (10/12/19). 

Kepala Pusat Penelitian Promosi dan kerjasama BIG, Wiwin Ambarwulan menuturkan, pembangunan SNI Corner ini sesuai dengan amanat UU Nomor 4 Tahun 2011 tentang lnformasi Geospasial beserta turunannya, yaitu PP Nomor 9 Tahun 2014, bahwa BIG sebagai instansi pembina penyelenggaraan Informasi Geospasial (IG) nasional wajib memfasilitasi pembangunan infrastruktur IG guna memperlancar penyelenggaraan IG.

"Salah satu pilar infrastruktur IG tersebut adalah standar. Di BIG, tugas tersebut di emban Kedeputian Bidang Infrastruktur IG, khususnya di Pusat Standardisasi dan Kelembagaan IG," tuturnya.

Ia menjelaskan, seluruh proses penyelenggaraan IG diharapkan mudah diakses oleh semua pihak dengan adanya standar yang bermutu. Mulai dari pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan pengamanan, penyebarluasan, serta penggunaan data dan IG.


"Data dan lG sejatinya menjadi Iandasan di setiap proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi pembangunan. Hal tersebut pada gilirannya akan memberikan dampak yang positif terhadap kemajuan pembangunan di semua sektor," jelasnya.

Menurutnya, yang perlu diperhatikan dari proses standardisasi adalah tahapan implementasi atau penerapannya. Harus dihindari adanya penyusunan standar tanpa memperhatikan monitoring sejauh mana penerapannya oleh para penyelenggara IG. "Penerapan standar dimulai dari proses sosialisasi standar itu sendiri kepada para calon penggunanya," imbuh Wiwik Ambarwulan.

Wiwik berharap, kehadiran SNI Corner di BIG menjadi salah satu sarana sosialisasi standar (dalam hal ini SNI) kepada para pemangku kepentingan IG. Fasilitas SNI Corner ini harus senantiasa dirawat dan ditingkatkan fungsinya seoptimal mungkin.

"Kedepan, kerja sama serta koordinasi dengan BSN tetap dibutuhkan, bahkan ditingkatkan. Sebab, salah satu fungsi SNI Cornerjuga sebagai agen 'penjualan' dokumen SNI," pungkasnya. (Ib)