Ketua Presidium FPII : Anggota FPII Harus Memiliki Jiwa Solidaritas dan Kekompakan



Ketua Presidium FPII : Anggota FPII Harus Memiliki Jiwa Solidaritas dan Kekompakan

87 Online News
Senin, 11 November 2019

BOGOR - Ketua Presidium Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Kasihhati menegaskan kepada jajaran pengurus Setwil dan Korwil harus menjalankan organisasi sesuatu marwah dan kode etik jurnalistik. 

"Semua Anggota FPII harus memiliki jiwa solidaritas dan kekompakan sehingga mampu menjalankan Visi Misi dan Prinsip organisasi yaitu Menjaga idealisme dan independensi kewartawanan Indonesia," kata Bunda Kasihhati di acara syukuran HUT ke-2 FPII Korwil Kota Bogor di The Mirah Hotel Jl Pangrango Kota Bogor,  Senin (11/11). 

Bunda Kasihhati menjelaskan keberadaan organisasi harus memiliki tujuan dan sasaran yang jelas. Tujuan dan sasaran FPII ialah mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanah UUD'45 dan Pancasila. Menegakan UU Pers yang berlaku diIndonesia. Mendorong tegaknya Hak Asasi Manusia terkait dengan tugas wartawan dan memberikan bantuan advokasi kepada insan pers. Meningkatkan profesionalitas wartawan dan membangun kepercayaan diri wartawan sebagai pilar ke–4. Menyampaikan aspirasi masyarakat kepada instansi, institusi dan semua elemen yang ada, atau sebaliknya. Menjadikan produk atau karya jurnalis yang mengedepankan sosial kontrol dan Membentuk karakter wartawan yang professional dan mampu memegang teguh tupoksinya. 

Dalam kesempatan itu, Ketua Presidium mengapresiasi Pemerintah Kota Bogor dan Forkopimda yang telah menghadiri acara FPII yang diselenggarakn Korwil Kota Bogor.

Ia menjelaskan, organisasi FPII endiri baru berdiri 3 Tahun sementara kepengurusan FPII Korwil Kota Bogor baru berusia 2 Tahun. "Pertama FPII di ketuai oleh saudara Almarhum Sumburi Ibrahim yang sudah mendahului kita, sekarang di gantikan oleh Ibrahim Hermawan. Pada kesempatan ini di SK kan oleh FPII Setwil Jawa Barat," terangnya.

Bunda mengharapkan, FPII Korwil Kota Bogor selalu bermitra dan bersinergi dengan Pemerintah Kota Bogor, TNI dan Polri. "Pemerintah, TNI dan Polri Itu adalah mitra, kita tidak bisa terlepas dari itu. Walaupun Pers itu independent dan netral, akan tetapi kita tidak terlepas dari itu. Tetap kita harus bermitra," harapnya.

Ia juga berpesan, FPII Korwil Kota Bogor menjalankan organisasi tersebut sesuai marwah. "Saya menegaskan jalankan organisasi ini sesuai marwah dan kode etik jurnalistik," tegasnya.

Sementara itu, Pembina FPII Korwil Kota Bogor, H. Saefulah,  SHI mengharapkan FPII bisa ikut serta membangun dengan memberikan informasi terbaik kepada masyarakat.

"Saya harapkan kehadiran FPII di Kota Bogor bisa berkontribusi dan ikut serta membangun dengan memberikan informasi yang terbaik bagi masyarakat di kota bogor," harapnya.

Dalam menjalankan tugas tidak ada musuh melainkan untuk mencari solusi bersama. "Ini adalah beban kita bersama mari kita cari solusi bersama dengan cara bermusyawarah," pintanya.

(Tim FPII Korwil Kota Bogor)