Diduga Banyak Indikasi Kecurangan Hasil Pilkades, Warga Desa Babakan Geruduk Kantor Desa

PERISTIWA

Diduga Banyak Indikasi Kecurangan Hasil Pilkades, Warga Desa Babakan Geruduk Kantor Desa

87 Online News
Kamis, 07 November 2019

KAB.BOGOR - Warga Desa Babakan, Kecamatab Dramaga, Kabupaten Bogor, mendatangi kantor Desa untuk melakukan protes ketidak puasan atas hasil dari pemilihan Kepala Desa serentak yang dilaksanakan pada 3 November 2019 di Desa Babakan, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Kamis, (07/11/19).

Menurut informasi yang di himpun, aksi protes dipicu karena diduga banyak kecurangan dalam pelaksanaan Pilkades tersebut, dari mulai surat DPT dan Money politic. "Dari DPT di temukan adanya selisih suara di zona 3 versi saksi," kata HD salah satu warga, kepada wartawan.

Menurutnya, hal itu dibuktikan saat warga memasuki Kantor Desa, mereka melihat kotak suara yang segelnya sudah terbuka. "Bahkan salah satu segel ada yang masuk ke dalam kotak," kata  Hd sembari menunjukan hasil foto dari kamera telepon genggam miliknya.

Terpisah, saat di konfirmasi terkait hal itu, PJS Kades Babakan Ari Susianto menyarankan wartawan untuk menanyakan langsung kepada pihak panitia atau Babinkamtibmas.

"Langsung saja di tanyakan ke panitia atau ke Babinkabtibmas, kang. Karena mereka yang jaga," kata Ari melalui WhatsApp mesenger.

Ari menambahkan, bahwa dirinya tidak mungkin menjaga kotak suara tersebut selam 24 Jam.

"Saya tidak mungkin jaga 24 jam di ruangan. Tapi, setahu saya selama saya ada di ruangan, Insya Allah tidak pernah ada yang berani membuka kotak tersebut di depan mata saya," ujarnya.

Sementara itu, Aminudin selaku panitia Pilkades Desa Babakan mengaku, bahwa hal itu karena lem stiker daya rekatnya berkurang, ditambah triplek kotak suara permukaannya kasar.

"Kondisi kotak surat suara memang seperti itu dari tempat pencoblosan, terus dibawa ke kantor Desa di kawal oleh Polisi. Dan Saat ini sudah dipindah penyimpanannya ke Kantor Kecamatan Dramaga dalam kondisi seperti itu," tukasnya.(Gus)