BPBD Kota Bogor Lakukan Pendampingan Bersama KPC dan KLHK Terkait Pencemaran Ciliwung

PERISTIWA

BPBD Kota Bogor Lakukan Pendampingan Bersama KPC dan KLHK Terkait Pencemaran Ciliwung

87 Online News
Kamis, 07 November 2019

KOTA BOGOR - Puluhan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor melaksanakan kegiatan pendampingan di Kali Ciliwung wilayah Sukamulya dan Pulau Geulis, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kamis ( 07/11/19).

Rd Roro Juniarti Estiningsih, selaku Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor mengatakan, kegiatan ini sebagai permintaan bantuan dari pihak Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) yang mendampingi tamu dari pihak Kementrian LHK. Menurutnya, kegiatan surevei hari ini untuk memastikan terkait pencemaran airnya dan apakah bisa digunakan untuk lahan tematik.

"Dari BPBD Kota diminta pendampingan oleh pihak KPC dan juga untuk membantu dari pihak KLHK, yang mana didalamnya ada Direktorat sumber daya air dan pencemaran, untuk menyisir Kali Ciliwung khususnya dan juga kedepannya bisa juga untuk tematik," jelas.

Dengan menurunkan 15 personil dan 3 unit perahu karet, petugas dari BPBD Kota Bogor menyisir sungai Ciliwung mulai dari Sukamulya hingga wilayah Pulau Geulis.

"Karena kondisi air sedang surut, petugas agak kesulitan dalam menggunakan perahu karet dan harus diangkat dibeberapa titik yang airnya surut," ujar Esih, sapaan akrabnya.

Esih menambahkan, jika debit airnya normal sangat cocok untuk dijadikan tematik wisata air seperti arung jeram. Ia juga mengapresiasi masyarakat sekitar yang sudah paham dan mengerti dengan tidak buang sampah di area sungai.

"Kalau debit air bagus dan normal, sangat layak untuk digunakan semacam tematik atau wisata air. Dan saya sangat bangga, bahwa warga di sekitar bantaran sungai sudah paham dan tidak membuang sampah ke area sungai Ciliwung," pungkasnya.( D2N )