Bank DKI Kota Bogor, Berikan CSR Untuk Bantu 75 Para UKM Di Bogor Utara



Bank DKI Kota Bogor, Berikan CSR Untuk Bantu 75 Para UKM Di Bogor Utara

87 Online News
Kamis, 28 November 2019

KOTA BOGOR - Sebanyak 75 peserta UKM se-Kecamatan Bogor Utara yang didominasi oleh kaum emak-emak mengikuti acara Roadshow enam Kecamatan di Kota Bogor dengan tema "Klinik Untuk Menuju Pengusaha Unggul (KUMPUL) dan Sosialisasi Marketplace Warung Sadulur yang di gelar oleh Yayasan Mata Pena.

Kegiata yang juga bekerjasama dengan Bank DKI Capem Bogor, Dinas koperasi dan UMKM Kota Bogor itu diselenggarakan di Aula Kantor Kelurahan Bantar Jati, Jalan Ceremai Ujung, Bogor Utara, Kota Bogor, Kamis (28/11/19).

Syafei, S.Kom Coach UKM yang juga sebagai Founder dari Warung Sadulur menuturkan, kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara Yayasan Pendidikan Mata Pena, Bank DKI, Dinas koperasi dan UMKM serta didukung oleh pihak Bappeda Kota Bogor.

"Berawal dari Yayasan Mata Pena dengan tujuan sebagai incubator bisnis dan kemudian sharing coaching untuk pendampingan para UKM di Diskoperasi tiap hari rabu, ternyata mendapat antusias dari masyarakat sangat luar biasa sekali dan kita ingin juga memperkenalkan di Kecamatan lain yang ada di Kota Bogor terkait pendampingan seperti ini," tuturnya.

Menurutnya, ada 3 kelemahan didalam UMKM. Yang pertama permodalan, kedua masalah pendampingan dan yang ke tiga masalah dibidang promosi atau pemasaran.

"Dari ketiga kelemahan dalam UMKM dalam masalah modal, kita sudah siapkan dari pihak Bank DKI, termasuk masalah pendampingan atau management. Sedangkan yang ke tiga yaitu di bidang promosi, kita siapkan marketplace dengan adanya aplikasi warung sadulur yang pergerakannya hanya di Kota Bogor saja," paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Pimpinan Bank DKI Cabang Pembantu Bogor, Lia Novaliana mengatakan, dalam program CSR ini Bank DKI sendiri ingin terlibat langsung dalam pengembangan UMKM yang ada di Kota Bogor dan dirasa karena melalui media seperti ini.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan untuk program CSR oleh Bank DKI Capem Kota Bogor, walaupun Bank DKI sendiri merupakan Bank milik Pemprov DKI, namun kami sendiri ingin ikut terlibat dalam kegiatan UMKM. 

"Untuk kegiatan sendiri lebih ke pengembangan kreatifitas, dan nanti kita akan roadshow di 6 titik Kecamatan di Kota Bogor, seperti yang dilakukan sekarang dengan mengundang 75 pelaku UKM di kota Bogor yang diberikan dalam bentuk pelatihan," terangnya.

Dengan memberikan pembekalan melalui permodalan, laporan keuangan dan strategi manajemen serta mutasi rekening, pembukuan yang masih manual dan kurang tertib. Bank DKI ingin membenahi melalui pelatihan pelatihan, sebagai bentuk tanggung jawab Bank DKI kepada pelaku UKM di Kota Bogor.

Dalam kegiatan itu, hadir diantaranya, Kadis Koperasi dan UMKM, Kepala Bappeda Kota Bogor, Sekcam Bogor Utara, perwakilan Kasie Ekbang dari Kelurahan se-Bogor Utara serta puluhan peserta UKM.( D2N )