Wijudkan Digitalisasi Akuakulture 4.0 Himakua IPB Gelar Event Aquafest 2019



Wijudkan Digitalisasi Akuakulture 4.0 Himakua IPB Gelar Event Aquafest 2019

87 Online News
Sabtu, 19 Oktober 2019

KOTA BOGOR - Fakultas Perikanan dan Ilmu Pertanian serta Kelautan Bogor (IPB) kembali menggelar Aquafest yang ke X dengan mengusung tema "Future and Beautiful Aquaculture". Bertempat di area Parkir dan Atrium lantai 2  Botani Square Kota Bogor.

Ketua Pelaksana Aqua fest 2019, Muhammad Adam AL-bana menuturkan, rangkaian acara yang dilaksanakan oleh HIMAKUA (Himpunan Mahasiswa Aquaculture) berlangsung selama dua hari, yakni mulai Sabtu 19 dan Minggu 20 Oktober 2019 itu sebagai sarana informasi dan ketertarikan masyarakat luas bidang perikanan dan mewujudkan digitalisasi akuakultur 4.0. Perwujudan itu dilakukan melalui Seminar Udang dan talkshow Acuaculture Center.

"Ragam kegiatan menarik dalam acara ini di antaranya talkshow, pameran ikan hias, exhibition, Quick Setting Aquascape, lomba mewarnai dan menggambar untuk si buah hati serta tebar benih ikan nilam di area Situ Gede pada Jum'at yang lalu sejumlah 54 ribu," tuturnya.

Menurutnya, kegiatan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, lomba menggambar dan mewarnai diikuti peserta anak-anak Taman Kanak-kanak (TK), dengan tujuan untuk mengasah softskill dan mengenalkan aquakultur lewat gambar ini akan diisi dengan pemberian ikan hias gratis. Nantinya peserta akan diajarkan cara memelihara ikan di rumah.

"Selain itu, di Aquaculture Center juga menjadi pertemuan antar dosen, start up dan mahasiswa untuk memperkenalkan kekuatan yang sudah dijalani dalam kegiatan aquaculture," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang juri dalam lomba Aquascape dari One Risset Development Donny Bg Purba mengatakan, dalam perancangan seni aquarium bernama Aquascape ini sangat ramai diikuti beberapa komunitas aquascaper dari berbagai daerah, khususnya daerah Bogor yang sangat mendominasi para peserta lomba ini.

"Kategori penilaian untuk lomba Aquascape ini masih sama dengan event tahun lalu, yaitu lebih ke tema dan culture yang belum pernah di pakai dalam perlombaan sebelumnya atau original lebih tepatnya," kata Donny.

Lebih dari itu menurut pakar Aquascape yang sudah menekuni berawal dari hobby sejak tahun 2004 ini, kebanyakan orang dari hobby kemudian lama kelamaan menjadi suatu usaha atau bisnis yang menjanjikan.

"Berawal dari hobby kemudian menjadi suatu lahan usaha yang menggiurkan dalam bisnis masa depan. Karena kalau saya lihat dalam perkembangannya semakin pesat dan maju, seperti dalam setiap kontes yang biasanya dilaksanakan setahun sekali sekarang malah bisa 1 bulan sekali kontesnya," pungkas Donny.(D2N)