Manfaat Eceng Gondok Untuk Sakit Tenggorokan -->

Adsense




Manfaat Eceng Gondok Untuk Sakit Tenggorokan

87 Online News
Sabtu, 26 Oktober 2019

BOGOR - Tak jarang gangguan kesehatan masih ringan akan menjadi parah ketika hanya dibiarkan saja. Alangkah idealnya jika berusaha mencari obatnya, bahkan mencegah atau menghindari gangguan kesehatan bisa lebih baik. Pemanfaatan bahan alami di sekitar kita pun bisa menjadi usaha atau ikhtiar menghindari serta melawan keluhan kesehatan.

Seperti dikutip dari Harianmerapi.com, menurut warga kawasan Minggir Sleman, Samiyem mengatakan, tanaman jenis enceng gondok sering dianggap sepele. Tak jarang bisa tumbuh banyak di bekas kolam (kolam tak produktif) dan sebagian saluran irigasi. Namun ada pula sebagian yang sudah tahu manfaatnya, seperti dijadikan pakan ayam kalkun sampai bahan baku kerajinan. Bahkan ada yang cocok untuk membantu mencegah serta mengatasi gangguan kesehatan secara alami.

Sebagai musuh sakit tenggorokan, sehingga terhindar dari sakit tenggorokan lebih parah, yaitu bisa memanfaatkan 100 gram daun maupun batang enceng gondok. Semua bahan direbus dengan 3 gelas air bersih. Setelah air tinggal sekitar separohnya segera diangkat dan disaring. 

"Air hasil penyaringan diminum dalam keadaan hangat maupun dingin. Sehari dapat diminum dua kali, pagi dan sore. Ramuan seperti ini bisa juga untuk membantu memperlancar buang air kecil. Pemanfaatan enceng gondok sebagai satwa dapat dicacah dahulu. Kalau dijadikan oabat alami luar badan, misalnya musuh bisul serta abses, imbuhnya," katanya.

Resep alami sebagai musuh bisul dan abses, yakni seluruh bagian tanaman enceng gondok secukupnya ditumbuk sampai lumat benar. Selanjutnya dapat ditambah garam sedikit dan segera ditempelkan pada bagian yang sakit. Sehari dapat diganti dua kali, sehingga diharapkan bisa lekas sembuh. Sedangkan beberapa ciri tanaman enceng gondok, antara lain bagian daun berwarna hijau dan tepi daunnya rata. Tangkai daunnya ada bagian yang menggelembung. Akarnya tumbuh dari pangkal batang di dalam air. Tanaman air ini secara alami mampu berkembangbiak dengan cepat.