Jelang Pelantikan Presiden, TNI dan Polri Di Kabupaten Bogor Disiagakan -->

Adsense




Jelang Pelantikan Presiden, TNI dan Polri Di Kabupaten Bogor Disiagakan

87 Online News
Rabu, 16 Oktober 2019

BOGOR - Menjelang pelantikan presiden Joko Widodo dan wakil Presiden KH. Maruf Amin, yang akan dilaksanakan pada Minggu 20 Oktober 2019 mendatang, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPINDA) Kabupaten Bogor melakukan deklarasi damai. Bertempat di Kantor Bupati Bogor, Rabu (16/10/19).

Hal tersebut, juga menjadi perhatian serius bagi Forkompinda Kabupaten Bogor, untuk melakukan pengamanan diwilayah yang dinilai rawan akan adanya gerakan dari masyarakat.

Kapolres Bogor AKBP M Joni mengatakan, pihaknya nanti akan menyampaikan kepada seluruh stake holder di wilayah, seperti di tingkatan sekolah kepada Kepala Sekolah dari mulai SMP hingga SMA, dan kepada komunitas - komunitas yang ada di Kabupaten Bogor.

"Intinya, masyarakat jangan sampai terprovokasi dengan adanya isu hoaks yang beredar," katanya kepada wartawan, Rabu (16/10/2019).

Lanjut, M Joni mengatakan, pelantikan presiden juga tidak elok jika dikaitkan dengan aksi unjuk rasa tentang RUU KUHP maupun juga KPK. Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bogor, jangan termakan isu dari oknum-oknum yang memanfaatkan situasi jelang pelantikan presiden ini.

"Kegiatan pelantikan presiden itu kan dihadiri oleh seluruh tamu-tamu negara, dan tentunya harus kita jaga bagaimana pelaksanaan pelantikan tersebut bisa aman dan lancar tanpa ada hal-hal yg mengganggu kambtibmas secara nasional," ucapnya.

Menurutnya, situasi pelantikan presiden nanti tentunya menjadi tolak ukur negara luar, bagaimana sistem demokrasi Indonesia itu berjalan dengan baik.

"Mulai dari proses terpilihnya calon presiden, sampai dengan presiden itu dilantik," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0621/ Kabupaten Bogor, Letkol Inf Harry Eko Sutrisno menyampaikan pihaknya juga telah melakukan pengamanan di sejumlah titik lokasi yang dinilai rawan dan berkoordinasi dengan seluruh Koramil diwilayah Kabupaten Bogor.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan seluruh Koramil yang ada di Kabupaten Bogor, supaya pelantikan presiden nantinya lancar dan kondusif," ungkapnya.

Menurutnya, sejauh ini tidak ada pergerakan massa yang dinilai negatif di wilayah jelang pelantikan presiden. "Karena, kami juga terus melakukan kordinasi dengan para tokoh masyarakat dan masyarakat lain pada umumnya," imbuh Harry Eko.

Ia menambahkan, terkait pengamanan jelang pelantikan seperti biasanya dengan pola standar. Namun, mulai Kamis (16/10/2019), dirinya akan melakukan pengecekan dan pengamanan lebih ekstra.

"Yah untuk personil sekitar ratusan lah, kami juga akan berkordinasi dengan aparat Kepolisian dan Korem untuk melakukan pemetaan jelang pelantikan presiden nanti," pungkasnya. (Rul)