Hari Informasi Geospasial Ke 50, Badan Informasi Geospasial Luncurkan Sistem Informasi PTIG

PERISTIWA

Hari Informasi Geospasial Ke 50, Badan Informasi Geospasial Luncurkan Sistem Informasi PTIG

87 Online News
Kamis, 17 Oktober 2019

BOGOR - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia/Kepala Bappenas RI Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.U.P.,Ph.D meresmikan Sistem Informasi Pelayanan Terpadu Informasi Geospasial (SI PTIG) yang diluncurkan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) pada puncak acara 50 Tahun Hari Informasi Geospasial, di Kantor Pusat Badan Informasi Geospasial, Jalan Raya Jakarta-Bogor KM 46 Cibinong, Kamis (17/10/19).

Menteri PPN menuturkan, untuk perencanaan yang baik tentunya perlu berbagai macam data, baik data statistik dari BPS data sektoral yang menyangkut kementerian. Peta di buat oleh BIG, dari waktu kewaktu kementerian terus berkoordinasi dengan BIG untuk memastikan apakah peta peta yang dibuat itu sudah sesuai dengan perencanaan atau belum. Apalagi negara kita, negara yang tersentralisasi.

"Dengan bantuan peta, jadi sangat penting peta yang detail. Kementerian PPN mendorong BIG dalam membuat peta yang lebih memudahkan kita dalam perencanaan. Dan sejauh ini progresnya sudah sangat baik karena proses perencanaan kita sudah sangat terbantu oleh BIG," tutur Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro kepada Wartawan.

Bambang berharap, kedepan BIG menjadi otoritas untuk pemetaan yang berstandar global. Tentunya bisa membantu pemerintah dalam kesenjangan letak daerah termasuk informasi seakurat mungkin mengenai kondisi berbagai daerah di Indonesia terutama daerah yang di kategorikan tertinggal, daerah terluar dan daerah perbatasan. Sehingga nanti tidak ada lagi isu pemerintah melupakan daerah-daerah tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BIG mengatakan, SI PTIG yang diluncurkan diantaranya, Sistem Refrensi Informasi Geospasial, Negara Kepulauan, Batimetri Nasional, Sistem Monitoring Jaringan Informasi Geospasial Nasional (SI MOJANG), Sistem Informasi Geospasial Terpadu (SI GESIT).

"Sistem Informasi Pelayanan Terpadu Informasi Geospasial (SI PTIG) bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terpadu bagi masyarakat," Kepala BIG, Hasanudin Z. Abidin kepada Wartawan.

Menurutnya, Hari Informasi Geospasial ke 50 Tahun 2019 yang mengangkat tema 'Informasi Geospasial Untuk Indonesia Lebih Baik' banyak hal yang masih perlu dikerjakan oleh BIG.

"Untuk mewujudkan Kebijakan Satu Peta, BIG kedepannya akan mendukung pelaksanaan Satu Data Indonesia. Saya berharap agar peranan IG bagi Negara dapat memberikan manfaat yang baik," ungkap Hasanudin.

Sebelum acara puncak 50 Tahun Hari Informasi Geospasial (HIG) 2019, panitia telah melaksanakan rangkaian HIG 2019 yaitu lomba gambar peta untuk anak "We Love Map". Sosialiasi Anti Narkoba dengan acara Nobar bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) berkolaborasi dengan Generasi Peduli Anti Narkoba (GPAN). Indonesia Geospatial Technology Exhibition 2019 (IGTE), Workshop Pengguna IG (KCP III Stakeholder), Workshop Asesor Kompetensi Gudang Informasi Geospasial, Bimbingan Teknis (Bimtek) Toponimi.

Di acara puncak panitia HAI 2019, juga menggelar Refleksi 50 th BIG, Senam Bersama BIG, BIG Peduli (donor darah, layanan kesehatan, khitanan massal, bazar dan santunan pendidikan), Open House BIG, Penghargaan Bhumandhala Award.

Hadir pada acara puncak HIG ke 50 tahun 2019 diantaranya sejumlah Pejabat Kementerian, Pejabat Daerah, BIN, BNN, Mahasiwa dari berbagai Universitas dan tamu undangan lainnya. (Ibra)