Belasan Pantai Di Gunung Kidul Jadi Pendaratan Penyu

PERISTIWA

Belasan Pantai Di Gunung Kidul Jadi Pendaratan Penyu

87 Online News
Rabu, 23 Oktober 2019

GUNUNG KIDUL - Sedikitnya 12 pantai di Kabupaten Gunungkidul, termasuk Objek Wisata Pantai Wediombo Kecamatan Girisubo ditetapkan menjadi kawasan pendaratan dan pengembangan pelestarian habitat penyu yang keberadaannya terancam punah.

Terkait dengan upaya pelestarian tersebut, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunungkidul mengimbau masyarakat pesisir dan para wisatawan terlibat dalam menjaga kebersihan lingkungan pantai dan tidak melakukan eksploitasi penyu yang ada di kawasan pantai selatan.

"Masyarakat diminta berperan mendukung konservasi penyu dan melakukan pengamanan kawasan yang digunakan bertelur, menjaga habitat dan penangkaran, hingga menjaga populasi," kata Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Tangkap, DKP Gunungkidul, Purwono Sulistiyo Hadi.

Menurutnya, dengan penetapan ini nantinya masyarakat kawasan pantai selatan akan dilakukan pembekalan dan pembinaan agar memiliki kesadaran untuk tidak merusak habitat dan mempertahankan populasi penyu tidak punah.

"Saat ini, wilayah pantai yang menjadi kawasan konservasi aktif biota laut seperti penyu dan jenis lainnya adalah kawasan Pantai Wediombo," katanya.

Purwono memaparkan, sejumlah kegiatan sudah mulai aktif di kawasan ini, nantinya diharapkan masyarakat dan wisatawan di pantai-pantai lainnya juga ikut terlibat dan sadar mengenai pentingnya konservasi.

"Oleh karena itu, kami meminta kepada masyarakat maupun nelayan untuk ikut andil dalam menjaga dan mengembangkan upaya pelestarian. Dalam program ini kami juga berkoordinasi dengan sejumlah dinas lain untuk ikut dalam melakukan pemantauan dan penjagaan," paparnya.

Dari belasan pantai yang ditetapkan sebagai kawasan pendaratan penyu, terdapat beberapa pantai yang belum banyak dikunjungi wisatawan.

"Harapannya setelah pantai tersebut dijadikan sebuah konservasi penyu bisa dikembangkan menjadi sebuah objak wisata alternatif lain dan menjadi pilihan bagi wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul," ujar Purwono.

Ia menambahkan, berdasarkan pendataan yang dilakukan DKP Gunungkidul terdapat 12 kawasan pantai di Gunungkidul yang seringkali menjadi tempat pendaratan penyu.

"Ke 12 pantai yang memiliki potensi dan seringkali dijadikan tempat pendaratan penyu tersebut diantaranya Pantai Watunene, Kayu Arum, Ngrumput, Wohkudu, Porok, Seruni, Sanglen, Jungwok, Wediombo, Dadapan, Sedahan dan Krokoh," pungkasnya. (AW/Red)