Adu Gagasan Putra - Putri Terbaik Desa Kota Batu

PERISTIWA

Adu Gagasan Putra - Putri Terbaik Desa Kota Batu

87 Online News
Kamis, 17 Oktober 2019

KAB. BOGOR - Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Bogor, 3 November 2019 tinggal menghitung hari, para calon kepala Desa kini sudah semakin giat mempromosikan dirinya agar pantas dipilih oleh Masyarakat Desa, begitu pula dengan Desa Kota Batu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor yang memiliki 5 calon diantaranya Sukma Lingga No. 1, Sugandi No. 2, Ratna Wulan Sari No. 3, Abdul Rahman Firdaus No. 4 dan Yayat Patia Zainan No. 5, Berikut Gagasan Yang disampaikan ke 5 calon Kepala Desa Kota Batu :

Apa Motivasi Mencalonkan Diri Sebagai Kepala Desa ?

Sukma Lingga No. 1
Ingin membangun Desa terutama, bidang Olahraga keagamaan dan ekonomi kerakyatan.

Sugandi No. 2
Ingin membangun Kota Batu dengan baik dan benar, secara transparan.

Ratna Wulan Sari No. 3
Motivasi Saya adalah untuk memejukan Desa Kota Batu dan mensejahterakan masyarakat Desa Kota Batu.

Abdul Rahman Firdaus No. 4
Motivasi saya kembali mencalonkan diri di Pilkades Kota Batu ini adalah untuk melanjutkan pembangunan dan meningkatkan ekonomi Desa dan Masyarakat lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Yayat Patia Zainan No. 5
Saya ingin memperbaiki pengadministrasin Desa yang lebih baik sehingga program yang dilaksanakan desa akan lebih baik lagi.

Akan digunakan untuk apa saja Dana/Bantuan yang masuk ke desa ?

Sukma Lingga No. 1
Untuk membangun Infrastruktur Desa Kota Batu baik fasilitas umum maupun pemukiman Desa Kota Batu.

Sugandi No. 2
Semua anggaran yang masuk ke Desa kita akan maksimalkan untuk pembangunan terutama di infrastruktur, karena hampir di seluruh wilayah Desa Kota Batu, dari RW.1 sampai dengan RW.15 mereka masih menanyakan bagai mana Infrastruktur diwilayahnya. Selanjutnya dibidang Agama juga kita prioritaskan salah satunya untuk pembangunan Masjid, membina masyarakat dibidang Keagamaan, karena saya yakin masyarakat Kota Batu itu orang yang paling taat dengan agama.

Ratna Wulan Sari No. 3
Kita bersinergi dengan Pemerintah, Masyarakat dan Agama, untuk mengambil suatu keputusan, saya juga akan mengedepankan transparansi dalam penggunaan Dana-dana tersebut dan ada ulama juga masyarakat ikut di dalamnya baik dalam perencanaan maupun pelaksanaannya.

Abdul Rahman Firdaus No. 4
Kita akan menggunakan Dana-dana tersebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat, yang diperoleh melalui Musyawarah dari tingkat RT hingga Desa. Serta mengacu kepada Prioritas Pembangunan Pusat dan Daerah.

Yayat Patia Zainan No. 5
Kita akan melakukan musyawarah ditingkat bawah dulu, RT dan RW, nantinya kita akan dapat prioritas kebutuhan disetiap wilayah. Hasilnya akan kita bahas dalam Musyawarah Desa, selanjutnya baru bisa ditentukan pendanaannya menggunakan sumber anggaran mana.

Apa yang di Wacanakan dalam Bidang Pembangunan Kesehatan ?

Sukma Lingga No. 1
Dalam bidang kesehatan Saya Akan mendata ulang mana saja Warga yang layak Atau tidak layak mendapatkan bantuan, karna sering Terjadi komplainan Warga.

Sugandi No. 2
Salah satunya meningkatkan pelayanan di tiap Posyandu, jika satu RW satu Posyandu untuk di Kota Batu dinilai tidak maksimal, karena rata-rata penduduk RW di Kota Batu sudah mencapai diatas 1000 KK. Jadi kita nanti akan ajukan untuk satu RW itu 2 Posyandu.

Ratna Wulan Sari No. 3
Kita akan lebih mendorong masyarakat untuk ke Puskesmas, karena banyak masyarakat yang tidak tahu kesehatan, kita ada kader-kader posyandu untuk memberikan penyuluhan tentang ini, selain itu kita juga akan mengadakan senam setiap jumat, jumat berolahraga seiring dengan wacana Bupati, karena di Desa Kota Batu belum ada senam bersama.

Abdul Rahman Firdaus No. 4
Di bidang kesehatan kita akan memaksimalkan peranan Para Kader Posyandu dan PKK, untuk lebih giat mensosialisasikan program-program kesehatan yang ada di Daerah maupun Pusat.

Yayat Patia Zainan No. 5
Untuk kesehatan sebetulnya ini kan ada Dinas Kesehatan, di Wilayah itu ada Puskesmas, ini akan kita singkronkan dulu dengan Puskesmas, karena memang bisa jadi ini kan ada BPJS, kalo memang datanya dari Desa ini tidak singkron dengan data di Puskesmas ini akan jadi bermasalah. Nantinya Kalo memang itu sudah singkron segala apa pun permasalahan di Desa Kota Batu tentang kesehatan itu akan terminimalisir.
Selanjutnya untuk penyuluhan kesehatan kita ada Posyandu dan PKK, nanti PKK yang bergerak dari puskesmasnya ada Posyandu, ini akan singkron nantinya.

Apa yang di Wacanakan terkait Pembangunan Pendidikan & Sumber Daya Manusia ?

Sukma Lingga No. 1
Saya akan bekerja sama dengan LSM Dan Ormas untuk menekan Angka buta hurup dengan menyelenggarakan PLS (Pendidikan Luar Sekolah) dan mengadakan pelatihan-pelatihan diwilayah Desa Kota Batu, dengan Bekerja Sama dengan stekholder yang membidanginya untuk membentuk SDM yang terampil dan berdisiplin.

Sugandi No. 2
Saya akan mengupayakan melalui dinas pendidikan memantau seluruh masyarakat di Kota Batu sudah bisa merasakan nikmatnya minimal pendidikan 9 tahun, kita juga akan berusaha bagai mana pendidikan itu meningkat menjadi 12 tahun. Kita juga akan berusaha, supaya masyarakat yang tidak mampu bisa mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Sumber Daya Manusianya saya akan merekrut dan menggandeng diantaranya, potensi – potensi SDM yang handal di Kota Batu, untuk bersama-sama membangun desa.

Ratna Wulan Sari No. 3
Kita akan meningkatkan peran Karang Taruna desa sebagai lembaga kepemudaan, selain itu kita juga memiliki rencana untuk membangun persepak bolaan. Selain itu kita juga akan memfasilitasi masyarakat Desa Kota Batu memiliki pendidikan yang layak.
Banyak sekali yang saya temui putus sekolah karena kita ingin sekali seluruh masyarakat semuanya hayu bareng-bareng, karena kita punya PKBM Jelita yang ada di Kota Batu.

Abdul Rahman Firdaus No. 4
Kita akan mendorong masyarakat untuk memasukan anaknya ke PAUD, sehingga pendidikan dapat dimulai sejak dini, selain itu kita juga akan bekerja sama dengan sekolah yang ada di wilayah Desa untuk memastikan masyarakat Desa Kota Batu Mendapatkan Program-program pendidikan yang ada.

Yayat Patia Zainan No. 5
Kalo dari segi pendidikan kedepanya kita akan mendorong masyarakat untuk menempuh pendidikan minimal 12 tahun, selanjutnya kita akan coba mensingkronisasikan data masyarakat yang memiliki KIP dengan sekolah diwilayah Kota Batu. Kalo sumberdaya manusianya sebenarnya disini ada beberapa pelatihan, kita akan berkerja sama dengan semua dinas untuk melakukan pelatihan kerja maupun program lainya di Kota Batu.

Apa yang direncanakan dalam bidang Pembangunan Sosial & Ekonomi ?

Sukma Lingga No. 1
Saya akan menyelaraskan Warga untuk berbaur dengan semua warga Kota Batu tampa membeda-bedakan unsur kewilayahan.

Sugandi No. 2
Menurut saya dibidang ekonomi banyak salah satunya pengembangan usaha para pengrajin sepatu, nantinya mereka akan kita ajak kerjasama untuk memasarkan prodak mereka, kita akan berusaha untuk para pengrajin sepatu supaya bisa memproduksi hasil kerajinan minimal menengah ke atas. Dibidang sosialnya kita menggalangkan kebersihan lingkungan, kita juga perhatikan bagai mana perkembangan dibidang Keagamaan khususnya majlis ta'lim dan lainya.

Ratna Wulan Sari No. 3
Sekarangkan ada air ya, kita tidak bisa menyalahkan pemerintah sekarang sudah seperti itu, tapi harapan saya pelatihan kerja bisa diterapkan karena kita disini ada seorang pengusaha dibidang konfeksi, mempunyai program kedepan untuk melakukan pelatihan kerja. Kita rencananya melatih masyarakat untuk bisa menjahit menggunakan mesin, nantinya kita akan buat baju atau seragam sekolah jadi sekolah yang ada di Desa Kota Batu bisa beli seragam di unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

Abdul Rahman Firdaus No. 4

Terkait sosial kita bekerjasama denga TKSK, PKH dan Ketua Kelompok supaya masyarakat dapat menerima bantuan sosial sesuai haknya, yang sudah diatur dalam peraturan yang ada. Kita sudah ada BUMDes yang nantinya akan membuka unit-unit usaha, yang mana bisa memberikan peluang berkembangnay potensi ekonomi di Desa.

Yayat Patia Zainan No. 5
Kalo sosialnya kita ada program anak yatim, ada beberapa lembaga yang bisa kita gandeng diantaranya Rumah Zakat Baznas. Terkait ekonomi kita akan mengembangkan BUMDes, nantinya BUMDes dapat mampu meningkatkan taraf ekonomi Masyarakat.

Apa yang akan dibangun dalam bidang Pemerintahan dan Birokrasi ?

Sukma Lingga No. 1
Pemerintahan dan Birokrasi Saya akan membuat standard Baku agar lebih disiplin dan tepat guna serta efisien, Dalam menjalankan tugas dan fungsinya tentunya sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Sugandi No. 2
Satu mungkin penataan staf, yang nantinya orang yang memiliki potensi di suatu bidang saya harus tetapkan itu, nantinya semua akan bekerja sama membangun pemerintahan desa sesuai aturan dan ketentuan juga tufoksinya.

Ratna Wulan Sari No. 3
Kita akan membuat pelatihan dan pembinaan kepada Aparatur Desa kedepannya, bagi saya Aparatur yang sudah ada di Desa Kota Batu sudah baik, tinggal nanti kita meningkatkan kinerja mereka dan fungsi mereka dengan pembinaan tersebut.

Abdul Rahman Firdaus No. 4
Kita akan meningkatkan pelayanan dan membuat para aparatur desa yang mampu menjalankan kewajiban sesuai tufoksinya.

Yayat Patia Zainan No. 5
Saya akan memperbarui Profil Desa karena saat ini Profil Desa yang digunakan masih yang 10 tahun lalu, melalui Profil Desa itu akan membantu kita dalam pemetaan pembangunan kedepannya.

Saya minta minimal 3 kata yang membuat anda pantas dipilih masyarakat ?

Sukma Lingga No. 1
Kerjakeras, Jujur dan Berani.

Sugandi No. 2
Bersihkan, Tata dan Maju Kota Batu

Ratna Wulan Sari No. 3
Kota Batu Membangun, Maju, Sehat, Cerdas dan Berkeadaban.

Abdul Rahman Firdaus No. 4
Lanjutkan Pembangunan Desa Kearah Yang Lebih Maju.

Yayat Patia Zainan No. 5
Jaga Dana Desa

Reporter : Randi