Satuan Kerja Wilayah Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane Lakukan PKM

Satuan Kerja Wilayah Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane Lakukan PKM

87 Online News
Jumat, 27 September 2019

KOTA BOGOR - Satuan kerja wilayah Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane mengadakan pertemuan konsultasi masyarakat (PKM) tahap 1. Bertempat di Aula Kecamatan Bogor Selatan, Kamis (26/9/19).

Hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya, sekretaris Kecamatan Bogor Selatan A Rahman, didampingi Kasie ketentraman dan ketertiban Rudi, Danramil Bogor Selatan, Kapten Sukardi dan Wakapolsek Bogor Selatan AKP Lanjar yang mewakili Kapolsek serta para ketua LPM dan ketua RW di tiga kelurahan yakni Kelurahan Mulyaharja, Pamoyanan dan Rangga Mekar.

Leonard Elwarin, pembicara dari Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane menjelaskan, acara PKM Tahap 1 ini dalam rangka study rehabilitasi sungai Cipinang Gading.

"Kami sengaja mengundang para ketua RW dan LPM yang wilayahnya bersinggungan dengan Sungai Cipinang Gading, untuk meminta masukan dan informasi agar dalam pelaksanaan Normalisasi Sungai Cipinang Gading sesuai dengan perencanaan," jelasnya.

Menurutnya, tujuan normalisasi itu disamping bersihkan aliran sungai di hulu dari sampah agar aliran air sungai ke hilir menjadi lancar .

"Apabila ada yang kurang, kami mohon kerja samanya kepada para tokoh masyarakat," ungkap IR Leonard Elwarin.

Ia menambahkan, menghadapi musim penghujan pihaknya juga berencana akan membangun Tembok penahan Tanah (TPT) untuk mencegah terjadinya longsor. Leonard juga meminta kesadaran dari warga masyarakat, melalui para tokoh masyarakat agar membudayakan hidup tertib dan sadar akan kebersihan.

"Buanglah sampah pada tempatnya, dan jangan buang sampah ke kali. Kalau itu terjadi, maka aliran sungai dari hulu ke hilir akan terhambat sehingga mengakibatkan air meluap menggenangi rumah penduduk," pungkasnya. (Budi)