Ratusan Warga Mulyaharja dan Desa Sukamantri Antusias Bersihkan Sampah Di Kali Cibeurem

Ratusan Warga Mulyaharja dan Desa Sukamantri Antusias Bersihkan Sampah Di Kali Cibeurem

87 Online News
Rabu, 04 September 2019

BOGOR - Menindaklanjuti hasil rapat bersama Pihak Kelurahan Mulyaharja Kecamatan Bogor Selatan dan Desa Sukamantri, Kecamatan Tamansari, akirnya warga dari dua wilayah Kota dan Kabupaten Bogor itu, bersama-sama membersihkan sampah di kali Cibeureum. Minggu (1/9/19).

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Mulyaharja, Teddy menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan setelah sebelumnya mengadakan rapat dengan para ketua RT dan RW serta Elemen masyarakat kelurahan Mulyaharja instansi DLHK (Dinas lingkungan hidup dan kebersihan Kota Bogor, dengan mengundang pihak dari desa Sukamantri.

"Alhamdulilah, mendapat respon yang baik, sehingga kegiatan ini bisa terlaksana.
Warga Kelurahan Mulyaharja dan warga desa Sukamantri guyub bersama-sama membersihkan sampah dari kali Cibeurem," ungkap Teddy kepada wartawan.

Ia mengatakan, setelah kegiatan tersebut, Kelurahan Mulyaharja dan Desa Sukamantri akan membentuk Satgas khusus yang tugasnya selain menjaga kali Cibeurem yang sudah bersih dari sampah, juga memberi pembelajaran kepada warga masyarakat pembuang sampah sembarangan.

"Hal itu, agar mereka lebih memahami pentingnya hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan. Untuk warga atau pedagang disekitar bantaran kali Cibeurem
kami sarankan untuk membuat tempat pembuangan sampah sementara, kami akan siapkan tenaga pengangkutnya," ungkap Teddy.

Teddy menambahkan, pihaknya beserta warga masyarakat kelurahan mulyaharja mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, terutama kepada Camat Bogor Selatan yang telah mensuport kegiatan tersebut.

"Terima kasih untuk Camat Bogor Selatan, Bapak Atep Budiman, sampai mau berbaur bersama warga untuk membersihkan sampah. Beliau tidak menjaga jarak dengan warga dan bawahannya, saya bangga punya pimpinan seperti itu," ucap Teddy.

Pada kesempatan itu, Camat Bogor Selatan, Atep Budiman mengapresiasi kegiatan yang di inisiasi LPM Kelurahan Mulyaharja tersebut.

"Sy merasa bangga dengan warga yang antusias tanpa lelah dalam kegiatan bersih-bersih kali Cibeurem. Terlihat warga dari kelurahan Mulyaharja dan desa Sukamantri sangat kompak, tergambar
bahwa warga masyarakat semakin sadar akan kebersihan. Karena kebersihan itu
sebagian daripada iman," ungkap Atep.

Ia berharap, kali Cibeurem ini selalu dijaga kebersihannya dan segera dibentuk Satgas khusus agar tidak ada lagi warga yang membuang sampah ke kali yang berbatasan dengan dua wilayah tersebut.

"Kami Pemkot Bogor, khususnya Kecamatan Bogor Selatan sudah menyiapkan tempat pembuangan sampah sementara (TPS 3R). Saya optimis kedepan dengan kali yang sudah bersih ini tidak ada lagi warga yang buang sampah ke kali, apalagi kalau satgas sudah terbentuk yang akan intens memberi pengetahuan
betapa indahnya hidup bersih," pungkasnya. (Budi)