Panitia Pilkades Mendadak Berhutang

Panitia Pilkades Mendadak Berhutang

87 Online News
Kamis, 26 September 2019

BOGOR - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kota Batu, Kecamatan Ciomas kini menjelang tahapan Pengundian Nomor Urut Calon Kepala Desa dan Musyawarah Teknis Pelaksanaan Kampanye, namun ternyata anggaran Pilkades yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor masih belum juga dapat dicairkan.

Ketua Panitia Pilkades Kota Batu Edi Syarif, menuturkan bahwa setiap tahapan sudah dilalui dengan lancar, sementra untuk pendanaannya menggunakan patungan para Panitia Pilkades.

"Dana Penalangan dari Panitia Pribadi Masing-masing, kita sekarang ini sudah hampir mencapai sekitar 70 jutaan, jaminannya nanti kalo dana sudah turun akan kita selesaikan semuanya, alhamdulilah setiap tahapan pancar," tutur Edi, Rabu (26/09/2019)

Edi juga mengaku hal itu sudah di komunikasikan dengan kecamatan, namun jawaban dari pihak camat adalah panitia yang harus menanggung sementara, "masalah dari mana, dananya dari pinjem atau gimana, yang penting bisa teratasi sesuai kepantingan Pilkades," tuturnya.

Disampaing itu Edi juga menerangkan bahwa tabungan Pilkades Kota Batu itu hanya ada Rp. 13 juta, dari uang Rp. 13 juta itu digunakan untuk mobilisasi Panitia, seperti administrasi dan sebagainya, namun kekuranganya para panitia berpatungan.

"Kita berharap kepada Pemerintah Daerah itu dipercepat lah turunya anggaran APBD, setelah kita memasukan seluruh DPT yang ada, jika anggaran itu turun pastinya kita akan lanjutkan dengan pekerjaan yang lebih baik lagi," kata Edi

Saat disinggung terkait pelaksanaan tahapan Pilkades selanjutnya, sedangkan Panitia mengalami kekosongan dana, Edi menjawab bahwa jika sepuluh dua puluh juta dirinya bisa mengadaikan BPKB mobilnya.

"Yang peting amanah karena akan diganti, tapi kalo misalkan gak diganti kan repot, dari pada saya dalam tengah perjalanan menyerahakan jabatan kepada DPD yang memberikan SK, malah tambah ancur," pungkasnya.(Randi)