Header Ads

Ketua TP PKK Kecamatan Bogor Selatan Lakukan Simulasi Pengelolaan Sampah Sistem 3R

KOTA BOGOR - Ketua tim penggerak PKK (TP PKK), Kecamatan Bogor selatan, Kota Bogor, mengadakan simulasi pengelolaan sampah dengan sistem 3R (Reuse, Reduce, Recycle) kepada 16 Anggota pokja 3 dari 16 kelurahan se-Kecamatan Bogor Selatan.

Bertempat di Kelurahan Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jumat (6/9/19). Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Ketua TP PKK, Febriana Indah Sari (Iin Atep Budiman), Camat Bogor Selatan, Atep Budiman, Para Ketua PKK dari 16 Kelurahan dan Lurah Rangga Mekar Suharna.

Ketua TP PKK Kecamatan Bogor Selatan, IIn Atep Budiman nenjelaskan, maksud kegiatan ini bertujuan memberi simulasi 3R kepada ketua pokja di 16 kelurahan agar mengetahui pentingnya 3R ini.
"Beberapa manfaat dari sistem 3R ini diantaranya mengurangi volume sampah, memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat warga sekitar, bersifat lebih ekonomis, memberdayakan masyarakat dalam mengelola kebersihan kota menjadi lingkungan bersih dan sehat," tuturnya.

Ia berharap, peserta yang hadir dalam kegiatan ini bisa mengikuti yang sudah ada di RW 06, Kelurahan Pamoyanan yang telah membentuk bank sampah. Juga bisa membantu Pemerintah, khususnya Kota Bogor, dalam menanggulangi sampah sehingga mengurangi sampah yang dibuang ke TPA.

"Kami sudah bekerjasama dengan Bociba binaan dari DLHK terrkait bank sampah, dan ingin berjalan di 16 Pokja Kelurahan," pungkasnya.
Camat Bogor Selatan, Atep Budiman menambahkan, dengan adanya simulasi 3R ini diharapkan dapat menghasilkan trainer-trainer baru yang bisa merekrut ibu rumah tangga lainnya terkait masalah sampah.

"Mudah-mudahan ini berjalan sesuai dengan program pemerintah kota yaitu Bogor Berlari, dalam rangka mengefisienkan anggaran terkait angkutan pembuangan sampah ke TPA Galuga," tukas Atep Budiman.

Kegiatan diakhiri dengan acara ngaliwet bareng dan makan bersama seluruh para peserta sosialisasi. (Budi)