Kegiatan Sosialisai Kemetrologian Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor

Kegiatan Sosialisai Kemetrologian Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor

87 Online News
Senin, 02 September 2019

BOGOR - Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa sesuai amanat Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, kewenangan pelayanan tera atau tera ulang dan pengawasan kemetrologian yang awalnya berada pada pemerintah provinsi dilimpahkan ke Kabupaten atau Kota, yang kemudian ditindaklanjuti dengan pembentukan Peraturan Daerah Nomor 9 tahun 2018 tentang retribusi pelayanan tera atau tera ulang dan perbup nomor 55 tahun 2018 tentang pelayanan tera atau tera ulang dan pengawasan kemetrologian. 

Besarnya jumlah pelaku usaha yang memiliki alat ukur, takar, timbangan dan perlengkapannya (UTTP) di Kabupaten Bogor, menjadi perhatian bagi dinas perdagangan dan perindustrian untuk dapat melaksanakan sosialisasi kemetrologian sebagai tugas pokok dan fungsinya dalam rangka program pelayanan kemetrologian. 

Pelaksanaan pelayanan tera, tera ulang dan pengawasan metrologi legal merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pemerintah berdasarkan Undang-undang nomor 2 tahun 1981 tentang metrologi legal, Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, dan Undang-undang No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, guna memberikan jaminan kebenaran hasil pengukuran dan perlindungan konsumen.

Salah satu cara untuk memastikan bahwa konsumen mendapatkan barang sesuai dengan nilai tukar dan kondisi yang seharusnya adalah dengan menjamin timbangan atau takaran yang digunakan oleh pelaku usaha atau pedagang secara tepat dan benar. Jaminan tersebut dilakukan melalui pelayanan tera dan tera ulang terhadap alat ukur dan timbangan oleh pemerintah daerah setempat. Dengan demikian, konsumen dapat memperoleh barang sesuai dengan ukuran yang seharusnya dengan nilai tukar yang dibayarkan.


Pemerintah, dalam hal ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Bogor melaksanakan pelayanan tera atau tera ulang dan monitoring serta pengawasan terhadap alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) dalam rangka meningkatkan perlindungan kepada konsumen dan pengamanan perdagangan. 

Dalam kegiatan pelayanannya kemetrologian Kabupaten Bogor, tentu saja memerlukan dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak baik masyarakat maupun dari para wajib tera, dalam hal ini pelaku usaha. Namun demikian informasi terkait kemetrologian masih sangat terbatas dikalangan masyarakat, untuk itu perlu dilaksanakan sosialisasi kemetrologian. Adapun tujuan dari sosialisasi ini adalah :

1. Meningkatkan kesadaran dan kemampuan pelaku usaha dan konsumen untuk melindungi diri
2. Penggunaan alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya yang sesuai dengan standar kemetrologian
3. Menciptakan sistem perlindungan konsumen yang mengandung unsur kepastian hukum dan keterbukaan informasi serta akses untuk mendapatkan informasi
4. Menumbuhkan kesadaran pelaku usaha mengenai pentingnya perlindungan konsumen dalam hal kebenaran pengukuran sehingga tumbuh sikap yang jujur dan bertanggung jawab dalam berusaha
5. Meningkatkan kualitas barang atau jasa yang menjamin kelangsungan usaha produksi barang atau jasa, kesehatan, kenyamanan, keamanan dan keselamatan konsumen.