SMK Citra Pariwisata Jadi SMK Rujukan Di Kota Bogor

SMK Citra Pariwisata Jadi SMK Rujukan Di Kota Bogor

87 Online News
Rabu, 21 Agustus 2019

KOTA BOGOR - SMK Citra Pariwisata, bersama Disnakertrans Kota Bogor dan Padjajaran Suite Hotel menggelar kegiatan workshop sosialisasi penyusunan program peningkatan pembelajaran
SMK penyelarasan kejuruan serta magang guru industri dalam rangka progran bantuan pengembangan SMK rujukan.

Kegiatan yang diselenggarakan di SMK Citra Patiwisata, Selasa (20/8/19) itu menghadirkan narasumber diantaranya, I Made Supriatna.S.Pd. Msi selaku Kasie pengawasan Kantor Cabang Dinas pendidikan wilayah II (Kota Bogor-Depok) mewakili kepala kantor, Yulianti S.E. MM.
Plt kabid Latas Disnakertrans (Dinas tenaga kerja dan transmigrasi) Kota Bogor, Timi Tampi selaku General Manager Padjajara Suite Hotel dan pelaku usaha.

Pada kesempatan itu, Plt kabid Latas Disnakertrans Yulianti, mengapresiasi atas berbagai prestasi yang diraih SMK Citra Pariwisata sehingga menjadi SMK multimedia dan perhotelan rujukan di Kota Bogor.

"Kami bangga, serta selalu mendorong sekolah-sekolah yang berprestasi di bidang nya seperti SMK Citra Pariwisata ini yang menjadi SMK Rujukan Di Kota Bogor," ungkapnya, kepada Wartawan.

Oleh karena itu, pihaknya akan membuka program BKK (Bursa Kerja Khusus) dengan
tujuan agar para lulusan SMK Pariwisata dapat langsung bekerja di perhotelan sesuai kompetensi atau keahlian nya masing masing.

"Kami berharap tidak hanya lulusan SMK, namun SMA pun akan ada program BKK, agar siswa-siswi bisa merencanakan akan kemana setelah lulus nanti. Mudah mudahan program BKK bisa berjalan lancar sesuai dengan yang kita harapkan," tuturnya.

Menurutnya, peran serta para guru dan kepala sekolah sangat berarti, yang pada akhirnya pemerintah, dalam hal ini Disnaker dapat menekan angka pengangguran.

Senada dengan Yulianti, Timi Tampi selaku General Manager Padjajaran suite hotel mengatakan, sebagai pelaku usaha pada intinya siap membantu pemerintah dalam menekan angka pengangguran dengan memperkerjakan lulusan SMK yang punya kompetensi.

"Sekarang jaman digital, pesan hotel sudah bisa lewat online. Maka kami, Padjajaran suite hotel bekerja sama dengan SMK Citra Pariwisata agar para gurunya juga bisa magang di hotel kami, dan ilmu yang didapat bisa diterapkan disekolah sebagai tambahan yang belum tentu ada di kurikulum," kata Timi Tampi.

Atas dukungan tersebut, Kepala Yayasan Citra Pariwisata, Soni Arfan mengucapkan terima kasih kepada Disnakertrans yang mewakili Pemerintah Kota Bogor, dan 
kepada Timi Tampi selaku general manager Padjajaran Suite Hotel yang telah memberi perhatian lebih kepada SMK Citra Pariwisata.

"Kami tidak berpuas dirindengan apa yang sudah dicapai, kedepannkami akan terus memacu siswa-siswi dalam hal kualitas kompetensi. Selain itu, sekolah akan meningkatkan kualitas para guru dengan mengirim para guru untuk magang di hotel," ujar Soni Arfan.

Hal itu, masih kata Soni, agar mereka paham apa yang dibutuhkan pasar tenaga kerja perhotelan dan agar mempersiapkan lulusan yang dibutuhkan pasar. "Tahun tahun lalu, terserap di angka 80-85 persen, mudah mudahan di tahun ini ada peningkatan," pungkasnya. (Budi)