Header Ads

Sinatria Foundation Gelar Donor Darah Dan Tanam 1000 Pohon

KOTA BOGOR – Memperingati hari jadinya yang pertama, Sinatria Foundation menggelar kegiatan donor darah dan tanam 1.000 pohon di Kebun Raya Bogor, Sabtu (17/8/19).

Kegiatan bakti sosial yang mengusung tema "1.000 Tetes Darah Pengabdian Untuk Bangsa dan 1000 Pohon Untuk Seribu Masa Depan" itu dihadiri ratusan peserta dan undangan, dibalut dengan seni budaya kasundaan yaitu "1000 Donor 1000 Tanam Pohon" sebagai darma bakti untuk pertiwi.

"Kebetulan kegiatan ini berbarengan dengan peringatan HUT RI Ke 74, dan didukung penuh oleh Unit donor darah Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Bogor," kata Saepul Adha, selaku Direktur Sinatria Foundation kepada wartawan di sela-sela kegiatan.

Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi dari Komunitas Sin Krakatau untuk kali pertamanya dengan tujuan ingin melahirkan 1000 orang pendonor baru, serta merupakan amanat dari Hadrotus Syaikh KH. Raden Abdul Malik, dengan mengusung Tridaya Sinergi yang dipimpin oleh Kiai Badrul Ullum dan Kiai Badrul Muttaqien. 

"Tridaya Sinergi sendiri merupakan salah satu perusahaan distributor rokok Sin yang tersebar di beberapa Kota dan Kabupaten, ini juga merupakan ulang tahun pertama dari Sins Krakatau," ungkapnya.

Lanjut, Saepul menuturkan, bahwa Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah memberikan ijin kepada Komunitas Sin Krakatau untuk memiliki satu Pohon Asuh yang akan di tanam di dekat Ekodom.

"Untuk anggota Komunitas Sin tersebar di seluruh Kota Kabupaten Bogor, bahkan dari luar Kota diantaranya Bekasi, Banten, Purwakarta. Bahkan di luar komunitas sendiri, Sin Krakatau juga menjalin kerjasama dengan Dagelan Santri Indonesia (DASI) dan Persatuan Dokter Nahdatul Ulama (PD NU)," tuturnya.

Saepul Adha menambahkan, kegiatan yang di laksanakan ini, juga merupakan amanat dari Kiai Badrul Ullum. "Kegiatan ini agar dapat di jadikan agenda rutin, serta sekalogus untuk mengenalkan konsep ketahanan pangan dalam bentuk 1000 Leuit (penampungan) atau dalam istilahnya Buffer stok Pangan dengan tujuan mencukupi kesediaan pangan," imbuhnya.

Sementara itu, Setiyantho selaku Wakil Ketua 2 di PMI Cabang Kota Bogor, sekaligus penanggungjawab di dampingi Kabid Donor Darah, Dewi Ambarsari menjelaskan kegiatan yang di gelar pada hari ini merupakan Kerjasama PMI dengan Sinatria Foundation melalui surat permohonan yang sebelumnya sudah dilayangkan untuk berpartisipasi dalam acara, dengan target 1000 pendonor. Kegiatan ini juga sebagai agenda rutin selama setahun kedepan.

"Pihak PMI, khususnya unit donor darah memang sudah mengagendakan kegiatan rutin dengan penggalangan darah. Kebutuhan dari golongan darah yang dibutuhkan sekarang-sekarang ini adalah Golongan A dan AB, dan untuk hari ini target 1000 pendonor," jelasnya.

Ia mengungkapkan, atas terselenggaranya kegiatan ini, pihak PMI menguvapkan terimakasih kepada Sinatria Foundation, yang telah membantu dalam menghimpun masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

"Kedepannya, kerjasama ini terus bisa terjalin. Sebagai bahan masukkan, kedepannya minta dipersiapkan sebaik mungkin untuk kematangan panitianya, karena Pihak PMI sendiri sudah menyiapkan kurang lebih 30 personil yang di turunkan hari ini, dan di rasa masih kurang dalam koordinasinya," pungkas Setiyantho. (D2N)