Festival Pesta Rakyat, 102 Dongdang Dan 200 Paket Nasi Liwet Meriahkan HUT RI ke 74 di Desa Sukamaju

Festival Pesta Rakyat, 102 Dongdang Dan 200 Paket Nasi Liwet Meriahkan HUT RI ke 74 di Desa Sukamaju

87 Online News
Senin, 19 Agustus 2019

SUKABUMI - Bupati Sukabumi, H.Marwan Hamami Menghadiri Festival Pesta Rakyat ke 18  Desa Sukamaju sekaligus dirangkaikan dalam  Gebyar HUT ke 74 Republik Indonesia. 

Selaku Dewan pembina kampung budaya Bupati Sukabumi menutup acara tersebut dengan  pemukulan gong di saksikan oleh  Kapolres Kota Sukabumi, Camat Kadudampit dan Ki Kumpay Pupuhu Masyarakat, Minggu (18/08.

Antusiasme masyarakat dalam acara tersebut begitu tinggi, dimana setiap kelompok masyarakat menyediakan beraneka ragam makanan tradisional yang di kemas dalam tempat ( Dong Dang) yang berjejer di sepanjang jalan.

Dalam sambutannya Ki Kumpay sebagai Pupuhu masyarakat mengucapkan rasa terimakasih kepada Bupati Sukabumi yang telah hadir dalam acara tersebut.

" Kami juga  ucapkan terimakasih kepada semua masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan telah menyediakan 102 dongdang dan 200 paket liwet  untuk tamu undangan dan masyarakat yang ada di sini " jelasnya.

Lebih lanjut Ki Kumpai mengatakan bahwa  acara ini sudah menjadi tradisi kampung budaya lembur tengah dengan maksud untuk mensyukuri dan mempersatukan masyarakat kampung budaya lembur tengah, ke depan ki kumpay berharap acara ini bisa berlangsung setiap Tahun.

Di tempat yang sama Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat di Desa Sukamaju.

"Tahun kemarin, (2018) saya hadir untuk ikut ngaliwet bareng, dan Alhamdullilah tahun ini juga saya bisa hadir" jelasnya.

Menurut Bupati, kegiatan kampung budaya ini dapat mendorong kemandirian, dimana partisipasi masyarakat tumbuh untuk memajukan wilayahnya.

"Mudah-mudahan ke depan bisa sering kumpul, pemerintah Kabupaten Sukabumi akan merencanakan lintas pariwisata utara. Dan, diharapkan berdampak dan bisa dirasakan oleh warga di wilayah Sukamaju ini," harapnya.

Untuk itu, Bupati menegaskan, masyarakat harus menyambut proses pembenahan infrastruktur yang ada. "Konsep kampung budaya menyangkut juga ke program Nawacita, terutama oleh anak anak muda, harus didukung untuk mendorong pembangunan ekonomi berbasis kawasan di Kabupaten Sukabumi," pintanya.

Bupati menitipkan, kebersihan lingkungan secara bersama sama dan mencari ciri khas yang lain yang ada di desa tersebut untuk diangkat agar menarik minat para wistawan  

"Kemampuan dan talenta anak anak di Sukamaju harus terus di dorong juga dengan di beri ruang untuk meningkatkan kompetensinya,  sehingga kedepan pemberdayaan masyarakat bisa berkembang dan memiliki  ciri khas tersendiri," ungkap Bupati.

Di tempat yang sama, Kapolres Kota Sukabumi AKBP Susatyo Purnomo Condro mengakui bahwa kampung budaya yang ada di desa Sukamaju termasuk kampung budaya yang unik.

"Kami juga sering menyelenggarakan event-event untuk mendorong percepatan pembangunan di Sukabumi, salah satunya event aya aya wae dan Festival Bubur Ayam Kemerdekaan Sukabumi, apalagi kegiatan seperti dikampung ini budaya kita harus di kembangkan dan dijaga oleh kita," paparnya.

Usai penutupan acara, H.Marwan Hamami beserta Kapolres Sukabumi makan liwet bareng yang tersaji di jalan sepanjang 500 meter bersama masyarakat Desa Sukamaju. Suasana semakin meriah saat Bupati Sukabumi duduk bersama masyarakat dan berbaur dijalan untuk makan liwet bersama. (DR)