Pelaku UMKM Di Kabupaten Bogor Dapat Pelatihan Pengukuran Produktivitas Kerja Dari Disnaker



Pelaku UMKM Di Kabupaten Bogor Dapat Pelatihan Pengukuran Produktivitas Kerja Dari Disnaker

87 Online News
Selasa, 09 Juli 2019

KAB.BOGOR - Agar dapat mengukur produktivitasnya, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten diberikan Pelatihan Pengukuran Produktivitas Kerja di Perusahaan Kabupaten Bogor Tahun 2019 dari Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bogor.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Learnotel Hotel dan Resort di Kawasan Mega Mendung itu, dibuka langsung oleh Kepala Disnaker Kabupaten Bogor, Drs Rahmat Surdjana,MM dengan menghadirkan pemateri tenaga ahli produktivitas nasional, Ir Sanggam Purba,MM dan Rahmawati,S.Psi, MM.

Kepala seksi produktivitas pada Disnaker Kabupaten Bogor, Ir Suratmi, M.Si menuturkan, Pelatihan yang mengangkat tema 'Tingkatkan SDM Yang Berkualitas dan Produktif' ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari ini diikuti oleh 30 orang peserta para pelaku UMKM dari beberapa kecamatan diwilayah Kabupaten Bogor.

"Ada pun materi yang disampaikan diantaranya tentang peningkatan produktivitas, tentang pengukuran produktivitas, dan tentang 5S yang merupakan pondasi dalam meningkatkan produktivitas yang perlu di berikan kepada para peserta," papar Suratmi saat ditemui wartawan disela-sela kegiatan, Rabu (9/7/19).

Ia menjelaskan, dalam pelatihan ini, peserta diminta membawa laptop dan laporan keuangan selama tiga tahun terahir. Menurutnya, hal itu agar mereka nanti bisa mengimplementasikan didalam usahanya serta mengukur produktivitasnya mulai saat ini.

"Sehingga setelah diukur, mereka (peserta) akan mengetahui apa saja yang menjadi permasalahan didalam usahanya dan bisa memperbaikinya," jelas Suratmi.

Ia berharap, setelah pelatihan ini, para peserta dapat mengukur produktivitasnya masing-masing, sehingga kedepannya bisa lebih baik dalam produktivitasnya dan usahanya bisa lebih maju. Selain itu, Ia juga menginginkan kegiatan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2017 ini menjadi agenda rutin Disnaker, mengingat masih banyak pelaku UMKM di Kabupaten Bogor yang belum mendapatkan pelatihan serupa.

"Kegiatan ini sudah ketiga kalinya kita laksanakan, dan kami coba rutin diadakan karena masih banyak sasarannya. Sementara setiap kali kegiatan, kapasitasnya hanya 30 peserta," pungkasnya. (IB)