Social Share

Breaking News

Orang Tua Siswa SMP Negeri 18 Kota Bogor Keluhkan Biaya MPLS

KOTA BOGOR - Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Di SMP N 18 Kota Bogor dikeluhkan orang tua siswa. Pasalnya, setiap siswa dipungut biaya sebesar Rp 150.000 rupiah utuk kegiatan tersebut.

"Kami diminta uang sebesar 150 ribu, katanya untuk kosumsi mereka (siswa) selama mengukuti kegiatan MPLS di Sekolah yang diberitahukan dari mulut kemulut," kata salah satu orang tua siswa yang meminta tidak ingin disebutkan identitasnya, kepada wartawan.

Saat dikonfirmasi, Waka bidang kesiswaan, Sekolah SMPN 18, Joko Agustin Wahyu S.Pd membenarkan hal tersebut. Menurutnya, pungutan tersebut untuk biaya pengganti konsumsi siswa selama mengikuti kegaiatan MPLS.

"Iya betul, pihak sekolah memang meminta uang untuk pengganti makan, minum dan snack anak-anak selama pelaksanaan MPLS," kata Joko ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/07/19).

Meski demikian, masih kata Joko, dalam kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari itu tidak semua siswa membayar dan hanya di peruntukan bagi yang mampu.

"Uang tersebut juga untuk subsidi silang, karena kebanyakan dari siswa kelas 7 ajaran baru itu banyak yang masuk melalui program SKTM," ungkapnya.

Ia menjelaskan, sebelumnya pihak sekolah telah memberitahukan hal tersebut kepada siswa dan orang tuanya, bahwa ada kegiatan pramuka dan siswa akan bermalam di sekolah.

"Maka kita menawarkan apakah siswa mau membawa bekal sendiri, atau di sediakan oleh pihak sekolah," jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bogor, Fahrudin mengatakan, MPLS itu satu kegiatan agar anak-anak (siswa) beradaptasi di lingkungan Sekolah yang baru, dan tidak ada biaya apapun. Kecuali ada kegiatan lain seperti kepramukaan, hal itu menjadi konsekwensi masing-masing.

"Yang jelas MPLS tifak ada biaya, terkecuali ada kegiatan-kegiatan keluar seperti perkenalan kegiatan kepramukaan. Kalaupun ada biaya, itu konsekwesi masing-masing, misalnya harus bawa makan atau minum dari rumah," ujar Kadisdik saat ditemui wartawan di ruang kerjanya.

Menurutnya, meskiupun ada kegiatan kepramukaan dan bermalam di sekolah, siswa diwajibkan membawa makanan dari rumah, itu biaya pribadi dan tidak dibiayai oleh dana BOS. Intinya MPLS tidak ada biaya untuk kelembagaan.

"Saya lihat ada beberapa sekolah SMP maupun SMA yang menyelenggarakan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) untuk kegiatan blok kepramukaan, biayanya, biaya pribadi," tukas Fahrudin. (GN)

Tidak ada komentar