Social Share

Breaking News

KTNA Ajak Petani Hadiri Gelar Teknologi di Pekan Pekan Daerah KTNA di Seluruh Indonesia

KALTIM - Selalu ada teknologi baru pertanian untuk para petani dalam setiap acara Pekan Daerah (Peda) di seluruh Indonesia. KTNA mengajak para petani untuk hadir dalam gelar teknologi yang diselenggarakan pada Pekan Daerah (PEDA) KTNA yang sedang berlangsurng di berbagai wilayah Provinsi Indonesia.

Untuk meningkatkan efisiensi usaha tani dan pendapatan, Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Winarno Tohir mengajak para petani di Kalimantan Timur untuk respon dan cepat mengadopsi teknologi pertanian yang baru.

"Di banyak negara, termasuk Jepang, penggunaan teknologi baru diutamakan untuk meningkatkan efisiensi dan pendapatan petani," ungkapnya dalam sambutan pada Rembug Utama Peda X KTNA Kaltim di Berau, Kaltim (19/7).

 Menurutnya, agar hasil-hasil pertanian yang diproduksi petani bisa mendapatkan harga yang layak, tata niaga pertanian harus diperbaiki. "Kasihan petani bila produk yang dihasilkan saat panen dihargai murah. Mereka sudah susah payah menghasilkannya," imbuhnya.

Dia berharap, siapapun Menteri Pertanian pada kabinet mendatang harus bisa mengajak Menteri Perdagangan sejalan dalam membela dan membantu petani.

"Jangan sampai Menteri Pertaniannya ingin agar harga produksi petani layak, tetapi Menteri Perdagangannya malah impor," pintanya.

Untuk ikut memperbaiki tata niaga hasil pertanian, KTNA akan membangun KTNA Mart yang berisi sekitar 30 persen dari hasil hasil produk petani. 

"Secara bertahap, dagangan produk pertanian milik petani akan kita naikkan menjadi 50 persen, dan sisanya adalah produk yang dibutuhkan masyarakat sehari hari," pungkas Winarno. (CTR/Red)

Tidak ada komentar