Kementan Ajak Ratusan Anak Sekolah Wisata Edukasi Ke Museum Tanah dan Pertanian



Kementan Ajak Ratusan Anak Sekolah Wisata Edukasi Ke Museum Tanah dan Pertanian

87 Online News
Selasa, 23 Juli 2019

KOTA BOGOR - Untuk mengenalkan dunia pertanian kepada anak-anak, Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar "Wisata Edukasi Museum Tanah dan Pertanian" dengan mengusung tema "Bertolak dari Masa Lalu, Menapak Ke Masa Depan", yang dipusatkan di Museum Tanah dan Pertanian Jalan Ir.H Djuanda No 98 Kota Bogor, Selasa (23/07/19).

Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Leli Nuryati menuturkan, kegiatan yang melibatkan siswa siswi mulai dari TK hingga SMA itu, digelar dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN). 

Menurutnya, bahwa generasi muda saat ini menjadi penentu kemajuan pertanian di masa depan, sehingga anak-anak dan pemuda harus mempunyai banyak gagasan kreatif dan inovatif yang bermanfaat bagi kelangsungan pertanian di masa depan.

"Seperti kita ketahui, Indonesia dikenal sebagai negara agraris. Maka pertanian harus dikenalkan kepada anak-anak sejak dini. Agar kedepannya dapat memacu semangat generasi milenial yang produktif, inovatif serta kreatif untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan dibidang pertanian," tuturnya.

Leli menjelaskan, bahwa kegiatan ini juga dapat menambah ilmu dan wawasan tentang pertanian dengan cara mengasikkan dan juga tidak membosankan. Karna anak -anak bisa menyaksikan sejarah dan perkembangan pertanian Bangsa Indonesia dari masa lalu hingga saat ini, serta ilustrasinya untuk masa yang akan datang.

"Di Museum inilah mereka bisa melihat bagaimana pertanian dikelola secara tradisional, seperti membajak sawah menggunakan kerbau hingga pertanian di era revolusi industri 4.0 yang menggunakan peralatan dan teknologi canggih seperti drone, smart farming dan Autonomous Tractor," jelasnya.

Leli berharap, dengan kegiatan seperti ini anak-anak bisa tertarik dan bisa terjun langsung ke dunia pertanian ketika mereka dewasa nanti.

Pada kesempatan itu, Yane Ardian Bima Arya yang turut menghadiri acara tersebut mengungkapkan sangat mengapresiasi kegiatan ini. Apalagi dengan melibatkan anak-anak generasi penerus bangsa yang cikal bakal nantinya akan menggantikan peran semuanya.

"Siapa yang bisa meneruskan dan memajukan Negara Republik Indonesia, Yane bertanya kepada anak-anak yang hadir. Saya bisa bu, serempak anak-anak menjawab, nah seperti yang ibu harapkan, semoga kelak kalian menjadi anak-anak yang bermanfaat dan berguna bagi nusa bangsa," jawab Yane yang juga sebagai Ketua Bunda Lliterasi Kota Bogor.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan simbolis pelepasan balon ke udara dipimpin Yane Ardian, di saksikan oleh ratusan siswa-siswi sembari membawa balon dengan penuh bahagia keceriaan.

Dalam kegiatan itu, ratusan siswa-siswi dari mulai Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) diajak berkeliling Museum dan diberikan wawasan khususnya tentang dunia pertanian (D2N)