Frisian Flag Indonesia Luncurkan Fitur Teman 123 Untuk Anak-Anak

Frisian Flag Indonesia Luncurkan Fitur Teman 123 Untuk Anak-Anak

87 Online News
Jumat, 28 Juni 2019

KOTA BOGOR - Mengiringi era Digital 4.0 dengan memanfaatkan teknologi digital untuk dukung stimulasi motorik kasar dan tingkatkan potensi anak diusia tumbuh kembang. Frisian Flag Indonesia meluncurkan fitur teman 123 dilaksanakan di Gedung Wanita, Jalan Jend Sudirman, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jum'at, (28/06/2019).

Specialized Nutrition
Director PT Frisian Flag Indonesia, Idiyanto memaparkan, fitur Teman 123 adalah alat bantu bermain dan bergembira dalam bentuk flashcard digital yang dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu orangtua dalam membantu mengoptimalkan perkembangan dan potensi anak.

Menyikapi perkembangan teknologi digital dan perannya dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, Frisian flag Indonesia bermaksud memanfaatkan seluas-luasnya tekonologi digital dalam meningkatkan kualitas
hidup masyarakat, khususnya untuk edukasi nutrisi dan gaya hidup sehat.fitur teman 123 yang diluncurkan Frisian Flag Indonesia ini dikembangkan bersama Prof. Soedjatmiko, mengacu pada kebutuhan dan kemampuan anak-anak balita sesuai tahapan usianya.

"Selama lebih dari 97 tahun
kehadiran kami di Indonesia dan sebagai bagian dari FrieslandCampina, Frisian Flag Indonesia berpegang pada tujuan Nourishing by Nature, terus berkomitmen untuk menyediakan produk-produk bernutrisi berkualitas dan terjangkau serta mendukung upava edukasi untuk membangun keluarga kuat Indonesia
dimulai dari generasi muda. Seiring dengan kemajuan teknologi memasuki era digital 4.0 yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita, kami mendukung penggunaan teknologi digital sebagai media edukasi alternatif cerdas yang dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan percaya penggunaan teknologi digital yang bijaksana akan menghadirkan banyak manfaat. 

Fitur Teman 123 terintegrasi dalam
aplikasi IbudanBalita dan dapat diunduh secara gratis di ponsel cerdas Android sehingga dapat diakses oleh para Ibu di seluruh Indonesia," papar Rivanda Idiyanto.

Pada kesempatan yang sama, Dokter Spesialis Tumbuh Kembang Anak Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, SpA (K). MSi menilai bermain dan bergembira memiliki peran yang sangat penting untuk mengoptimalkan potensi anak di usia balita.

"Bermain adalah cara yang paling efektif untuk memperkenalkan hal-hal baru kepada anak. Khusus saat anak berusia di bawah lima tahun (balita), orang tua dalam hal ini Ibu mempunyai peran yang besar untuk mengoptimalkan manfaat bermain dengan cara mendampingi dan memperagakan permainan. Anak-anak
akan bermain dan bergembira, eksplorasi hal-hal baru menjadi sangat menyenangkan dan proses belajar menjadi lebih mudah. Dengan cara bermain terarah dan interaktif setiap hari, akan meningkatkan daya ingat, analisis, kecerdasaan dan rasa percaya diri anak," jelas Prof. Soedjatmiko.

Menurutnya, penelitian menunjukan bahwa kata akan lebih mudah diingat apabila ditunjukkan dan dibacakan oleh Ibu. Sebuah hal yang sederhana, namun sering diabaikan orang tua. Di luar rumah, praktek yang sama dapat dilakukan oleh pendidik di PAUD. Dengan cara ini pengenalan kata dapat dilakukan lebih efektif dan dapat berlangsung setiap hari," tambah Prof. Soedjatmiko.

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Bogor Yane Ardian menyambut baik inisiatif tersebut. Menurutnya, orang tua mempunyai peran besar dalam keberhasilan pendidikan anak
anaknya, demikian pula PAUD.

"Dengan bantuan Ibu, para guru di PAUD membantu anak mempelajari
kemampuan motorik sederhana, mengenal kata dan maknanya untuk bekal memasuki pendidikan formal. Ibu dan guru memastikan bahwa perangkat belajar yang tersedia dapat dimanfaatkan seluas-luasnya," ujar Yane.

Dengan digitalisasi, sambungnya, alat bermain untuk anak juga dapat diakses di ponsel, namun peran Ibu dan Pendidik PAUD tidak tergantikan, karena mereka menjadi sumber inspirasi dan semangat anak untuk belajar," pungkasnya.(GN)